SBY Masih Susun Kualifikasi Calon Menteri

VIVAnews - Marzuki Alie, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, menyebut Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono sedang menyusun cetak biru kabinet. Dalam cetak biru itu, ada kriteria calon menteri untuk diseleksi.

"Kualifikasi disusun berdasarkan problem bangsa," kata Marzuki di Bravo Media Center, Jakarta, Selasa 25 Agustus 2009.

Setelah selesai cetak biru itu, barulah dilakukan pemilihan kandidat. "Itu urusan Pak SBY sebagai pemegang hak prerogatif. Apakah calonnya di-endorse partai atau tidak, terserah beliau," kata Marzuki.

Calon dari partai pun, kata Marzuki, harus memenuhi kualifikasi. "Beliau (SBY) menginginkan kabinet kerja," ujarnya.

Sebelumnya, informasi dari dalam Demokrat menyebut Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Golkar masing-masing mendapat jatah dua kursi kabinet. Empat jatah itu diberikan pada profesional yang dekat dengan kedua partai tersebut.

PKS sendiri dikabarkan mendapat lebih dari dua kursi kabinet, sementara mitra koalisi yang masuk parlemen lainnya dibatasi dua kursi saja. PKS mendapat kursi kedua terbesar setelah Demokrat.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024