Mendagri & Menkumham Hadiri Rapat Pansus RUU Pemilu di DPR

Rapat Pansus RUU Penyelenggaraan Pemilu di DPR beberapa waktu lalu.
Sumber :

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menghadiri Rapat Pansus RUU Penyelenggaraan Pemilu di DPR. Dia akan mendengarkan tanggapan Pansus Pemilu mengenai draf yang sudah diserahkan.

Ketua MK Sebut UU Pemilu dan UU Cipta Kerja Paling Sering Digugat

"Akan kita dengarkan, pemerintah mengenai pandangan Pansus atas nama fraksi di DPR, pandangan DPD tentang draf RUU (Pemilu), menyusun bersama jadwal," kata Tjahjo di Komplek DPR RI, Rabu 30 November 2016.

Tjahjo mengatakan ada beberapa hal yang akan dibahas. Beberapa hal penting yaitu sistem pemilu dan ambang batas parlemen.

Demokrat Tetap Mendesak Bahas Revisi UU Pemilu

"Itu akan disepakati dulu. Apakah masih perlu dibahas atau tidak berkaitan dengan PT (parliamentary threshold). Ada yang minta 3,5 (persen), ada yang minta lebih. Jumlah dapil bagaimana," ujarnya.

Tjahjo datang pukul 10.30 WIB. Hadir pula pula Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna Laoly.

Demokrat Tanya Alasan Jokowi Konsen Revisi UU ITE daripada UU Pemilu

Sementara itu, Ketua Pansus Rancangan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu (Pansus RUU Pemilu) Lukman Edy mengatakan, rapat Pansus hari ini adalah mendengar penjelasan dari pemerintah tentang RUU Pemilu.

“Agenda rapat hari ini mendengar penjelasan dari pemerintah. Sesuai jadwal rapat dimulai pada pukul 10.00 WIB,” ujarnya.

Selain mendengar penjelasan dari pemerintah, kata Lukman Edy, Pansus juga akan mendengar pandangan Dewan Perwakilan Daerah terkait RUU Pemilu tersebut. Selain itu, mendengar jawaban pemerintah terhadap pandangan fraksi-fraksi yang ada di DPR.

“Pansus juga akan membahas bagaimana mekanisme pembahasan RUU Pemilu ini. Teknis seperti apa pembahasannya,” ujar Politisi PKB ini.

Sebelumnya, pemerintah telah menyerahkan draf RUU Pemilu yang menjadi pijakan pelaksanaan Pemilu 2019 ke DPR. Salah satu poin penting adalah tentang sistem pemilu yaitu dengan proporsional terbuka terbatas.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya