Jokowi Jelaskan Kenapa Isu Makar Mencuat

Presiden Jokowi dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA.co.id – Usai aksi Bela Islam II pada 4 November atau dikenal aksi 411, dugaan adanya pihak yang ingin berbuat makar atau merebut kekuasaan pemerintah mencuat. Kapolri Jenderal Tito Karnavian, juga mengatakan ada upaya itu.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo, akhirnya berbicara kenapa sampai muncul lagi kata makar itu. Ia menyinggung, bahwa dugaan makar muncul untuk mengingatkan kalau Indonesia mempunyai konstitusi yang sah.

"Kenapa ada yang menyampaikan makar, ya untuk mengingatkan bahwa kita sudah mempunyai konstitusi, yang mengatur mengenai Pilkada, mengatur mengenai pilihan presiden, pemilu legislatif, semua sudah diatur," ujar Jokowi, usai jamuan makan siang dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan, di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 30 November 2016.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi Ajak Semua Bersatu Bangun Bangsa dan Hadapi Geopolitik

Presiden mengatakan, bahwa semua pejabat yang terpilih baik di DPR, MPR hingga Presiden dan Wapres, sudah melalui proses yang panjang.

"Pemilihannya sudah melalui tahapan yang panjang, konstitusional. Jadi jangan ada pikiran yang aneh-aneh ke mana-mana. Mengingatkan lagi, kita semuanya," katanya menegaskan.

Hakim Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi: Paling Penting Tuduhan Politisasi Bansos Tak Terbukti

Untuk itu, ia meminta semua masyarakat untuk tetap tenang tanpa harus terpengaruh dengan masalah makar. "Ya bekerja sebagaimana biasanya saja.”

(mus)

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas buka suara soal pernyataan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun soal status Presiden Jokowi dan Gibra

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024