DPR: Gambar Pahlawan di Uang Baru Perkuat Nasionalisme

Bank Indonesia keluarkan uang baru.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id - Pecahan uang baru Tahun Emisi 2016, yang terdiri dari 7 pecahan uang kertas dan 4 pecahan uang logam telah resmi dikeluarkan dan diedarkan Bank Indonesia pada Senin, 19 Desember 2016 ini. Komisi XI DPR ikut mencermatinya.

Viral! Demi Uang Baru untuk Lebaran, Warga Cikampek Rela Letakkan Sandal untuk Dapat Antrean

"Yang dicermati Komisi XI adalah biaya emisinya. Dari desain, pencetakan dan biaya distribusinya," kata anggota Komisi XI, Hendrawan Supratikno di Senayan, Senin 19 Desember 2016.

Hendrawan mendukung penjelasan BI di balik pengeluaran uang baru tersebut. Di antaranya yakni untuk mengganti uang lama yang lusuh, menyesuaikan dengan Undang-Undang Mata Uang dan lain sebagainya.

Mengenang Sang Prajurit Tangguh, Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo

"Itu penjelasan Bank Indonesia. Kami tentu akan terus memonitor perkembangan berikutnya," ujar dia.

Terkait semakin banyaknya gambar pahlawan yang ada di uang-uang itu, Hendrawan memandang positif. Dia berharap bisa menambah pengetahuan generasi muda.

Konser Yogyakarta Royal Orchestra Rayakan Kisah Keberanian Pahlawan

"Soal gambar pahlawan yang semakin banyak, kita harapkan memperkuat rasa kebangsaan kita, memperkuat senyawa dan anyaman NKRI," kata Hendrawan.

Seperti diketahui, Bank Indonesia telah resmi mengeluarkan 11 uang pecahan rupiah baru yang terdiri atas tujuh uang kertas dan empat uang logam. Sejak 71 tahun merdeka, baru pertama kali Indonesia mengeluarkan sejumlah uang baru secara serentak. Kesebelas mata uang baru ini memiliki ciri sosok pahlawan, warna, dan bentuk yang berbeda.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya