PPP Senang Gambar Idham Chalid Ada di Uang Baru

Bank Indonesia keluarkan uang baru.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Sejumlah gambar pahlawan nasional menghiasi pecahan uang baru yang diresmikan Senin, 19 Desember 2016. Salah satu pahlawan tersebut adalah Idham Chalid.

Viral! Demi Uang Baru untuk Lebaran, Warga Cikampek Rela Letakkan Sandal untuk Dapat Antrean

"PPP berterima kasih kepada pemerintah yang telah mengabadikan pahlawan nasional KH. Idham Chalid pada uang pecahan Rp5.000," kata Wakil Sekjen PPP, Ahmad Baidowi dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 20 Desember 2016.

Baidowi menyebut, Idham pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia pada Kabinet Ali Sastroamidjojo II dan Kabinet Djuanda. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR dan Ketua DPR, Ketum PBNU dan petinggi PPP.

bank bjb Dukung BI Sediakan Uang Rupiah Baru untuk Ramadan dan Idulfitri 2023

"Hal ini juga membuktikan bahwa politisi PPP, politisi santri juga mampu memberikan kontribusi dan sumbangsih terbaik kepada bangsa," ujar Baidowi.

Idham disebut sebagai politikus yang paripurna. Pengabadian gambarnya di uang baru juga dikatakan sebagai penegasan pembuktian dedikasi Idham bagi Indonesia.

Tukar Uang Tunai Baru Tak Boleh Bersifat Jual Beli, Begini Kata MUI

"Perjuangan beliau akan menjadi sumber inspirasi bagi kader-kader PPP untuk selalu memberikan yang terbaik bagi NKRI," kata Baidowi.

Seperti diketahui, wajah Idham muncul di atas mata uang kertas Rp5.000. Pahlawan nasional asal Banjar ini adalah salah satu politisi Indonesia yang berpengaruh pada masanya. Selain pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia, Ketua MPR dan Ketua DPR, ia juga aktif dalam kegiatan keagamaan dan pernah menjabat Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama pada tahun 1956-1984.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya