Langkah MK Hadapi Pilkada Serentak 2017

Ilustrasi suasana sidang di Mahkamah Konstitusi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Mahkamah Konstitusi menyiapkan sejumlah langkah antisipasi dalam memutus perkara perselisihan hasil Pilkada Serentak 2017. Sejauh ini, mereka sudah menerbitkan empat Peraturan MK.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

"PMK tersebut menjadi pedoman penanganan Pilkada Serentak 2017," kata Ketua MK Arief Hidayat di Gedung MK, Jakarta, Kamis 29 Desember 2016.

Empat PMK tersebut antara lain PMK No. 1 Tahun 2016 tentang pedoman beracara dalam perkara perselisihan hasil pemilihan gubernur, bupati dan wali kota. Kedua, PMK No. 2 Tahun 2016 tentang pedoman beracara dalam perkara perselisihan hasil pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota dengan satu pasangan calon.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

Kemudian, PMK No. 3 Tahun 2016 tentang tahapan, kegiatan, dan jadwal penanganan perkara perselisihan hasil pemilihan gubernur, bupati dan wali kota. Terakhir, PMK No. 4 Tahun 2016 tentang pedoman penyusunan permohonan pemohon, jawaban termohon, dan keterangan pihak terkait.

Menurut Arief, MK juga menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) sebanyak 5 angkatan. Dua angkatan untuk penyelenggara Pemilu dan tiga angkatan untuk pasangan calon, termasuk para kuasa hukum serta kuasa hukum yang sering berperkara di lembaga tersebut. "MK juga menyiapkan aplikasi untuk permohonan online," ujarnya.

Pemilu Serentak 2024 Kemungkinan Ditunda

Arief memprediksi jumlah perkara PHP Pilkada Serentak 2017 akan lebih sedikit dibanding dengan 2015 lalu. Alasannya, jumlah daerah yang mengikuti Pilkada Serentak kedua tersebut pun lebih sedikit yakni 101 daerah dengan sebanyak 153 pasangan calon kepala daerah.

"Diperkirakan MK akan memeriksa dan memutus sebanyak 138 perkara PHP Pilkada Serentak pada 2017 mendatang," ujar dia.

Mendagri ?Tito Karnavian di Medan, Sumut, Jumat, 3 Juli 2020.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Pilkada serentak ini harus mengikuti protokol kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2020