Kebijakan Blokir Akun Medsos Dinilai Tak Efektif

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah.
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Fahri Hamzah, mengatakan banyaknya akun, situs atau media saat ini sulit dibendung, terutama di era teknologi informasi saat ini. Apalagi, kata Fahri, ada pihak yang mencari uang dengan “beternak” akun, sehingga membuat banyak akun muncul di medsos.

Tanggapi Berita Hoax, Depe: Setiap yang Viral, di Situ Ada Dewi Perssik!

"Orang ternak akun sehari bisa bikin ratusan akun. Ratusan akun itu sama dengan ratusan website. Meskipun itu memakai aplikasi-aplikasi seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya," kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 9 Januari 2017.

Karena itu, menurut dia, nyaris tindakan blokir terhadap situs atau akun tidak mungkin dilakukan. Yang bisa dilakukan pemerintah adalah dengan terus menyampaikan informasi yang benar yang tidak membingungkan publik.

Dikabarkan Meninggal Dunia, Gilang Dirga Tak Marah, Kenapa?

"Cukup memberikan informasi yang benar. Nah itu yang saya bilang pemerintah tidak pernah memberikan keterangan yang membuat (informasi) yang lain itu hilang gitu loh. Jadi semua keraguan itu harus dijawab," ujar Fahri.

Sementara untuk menghadapi media online baru yang banyak muncul belakangan ini, Fahri mengatakan hal itu cukup dihadapkan dengan Undang Undang Pers dan Dewan Pers.

Heboh, Warga Tasikmalaya Diterpa Berita Hoax Kiai Tewas Bersimbah Darah

"Kalau dia adalah pers, pasti dia ada administrasi yang kita kaitkan dengan UU Pers. Dan dia berhadapan dengan rezim-rezim pers. Dia punya Dewan Pers dan kode etik jurnalistik dan sebagainya," terang Fahri.

Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad Geram Dituduh Lakukan Pencucian Uang, Begini Responnya

Raffi Ahmad lagi-lagi harus menghadapi kabar yang tidak menyenangkan. Pria yang sering disebut sebagai Sultan Andara ini dituduh terlibat dalam pencucian uang.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024