Istana Bantah Jokowi Tegur Panglima TNI

Gatot Nurmantyo saat masih jadi Panglima TNI bersama Presiden Joko Widodo beberapa waktu silam.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Kabar Presiden Joko Widodo menegur Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sempat beredar luas. Namun hal itu dibantah oleh Juru Bicara Presiden Jokowi, Johan Budi.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Diberitakan Reuters dengan judul "Indonesia's President Moves to rein in 'out of control' Military Chief", disebutkan kalau Jokowi menegur Gatot karena melakukan langkah menghentikan sementara kerja sama militer Indonesia dengan Australia.

Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapto Pribowo memastikan selama ini tidak pernah ada teguran tersebut. Termasuk  pada saat sidang kabinet paripurna di Istana Bogor pekan lalu.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

"Tidak benar (Jokowi tegur Gatot). Dalam sambutannya di depan rapat kabinet paripurna Presiden tidak menyebutkan sama sekali soal Pak Gatot," kata Johan saat dihubungi pada Selasa 10 Januari 2017.

Pascapembekuan sementara kerja sama bahasa antara TNI dengan militer Australia, hubungan kedua negara sempat memanas. Menurut Gatot, pihaknya menarik diri dari kerja sama itu karena menyangkut permasalahan ideologi di antaranya materi pelajaran militer Australia yang melecehkan sebutan Pancasila.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Disebutkan bahwa pada bahan ajar, ada 'plesetan' Pancasila menjadi pancagila. Padahal, Pancasila adalah dasar negara Indonesia.

VIVA Militer: Kasum TNI pimpin upacara laporan kenaikan pangkat 19 Pati TNI

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat dipimpin oleh Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024