SBY Yakin Rizieq FPI Junjung Tinggi NKRI dan Pancasila

Habib Rizieq Shihab
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono berkeyakinan bahwa pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Begitu pula dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

"Saya juga mendengar statement yang gamblang dari Habib Rizieq bahwa Habib Rizieq menjunjung NKRI, Pancasila dan kebhinekaan. Ini sangat penting sekali diucapkan agar rakyat Indonesia mendengarkan secara langsung," kata SBY di Masjid Al-Riyadh, Jakarta Pusat, Jumat 10 Februari 2017.

SBY pun menyadari sekaligus menepis isu yang menganggap bahwa yang melaksanakan aksi damai tuntut kasus penistaan agama terhadap Ahok adalah kubu anti-Pancasila dan anti-NKRI. 

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

"Kita semua berbahagia karena kalau bangsa Indonesia semua sayang NKRI, Pancasila dan kebhinekaan, maka tidak perlu ada jarak ataupun permusuhan di antara kita semua, karena kita bangsa yang satu dan insya Allah bisa berbuat secara bersama-sama," ujarnya.

Sebagai contoh, menurut SBY, pertemuan Menteri Politik Hukum dan Keamanan Wiranto dengan Rizieq Shihab dan Ustaz Bachtiar Nasir Kamis kemarin sudah memberikan contoh yang baik.

Habib Rizieq Menikah Lagi karena Diminta Ketujuh Anaknya

"Semoga tanda-tanda yang baik, kebersamaan yang baik, kebersamaan antara pemerintah dengan umat Islam dan kebersamaan antara umat Islam dengan agama lain karena kita satu sama lain harus menyayangi persaudaraan di antara kita," kata Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini.

Rizieq FPI diketahui sudah menjadi tersangka kasus penistaan terhadap Pancasila. Namun dia menjadi tersangka setelah polisi menindaklanjuti laporan Sukmawati Soekarnoputri atas ceramah Rizieq di Bandung beberapa waktu lalu dan bukan karena melakukan aksi unjuk rasa. (ren)

Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Pengajuan amicus curiae yang dilakukan sejumlah tokoh ini heboh mencuat terkait dengan persidangan dalam pekara sengketa hasil Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024