Mendagri Sebut Kotak Kosong Menang di Pilkada Pati

Mendagri Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • Dian Tami - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Dari 101 pilkada langsung pada 15 Februari 2017, salah satu yang menarik perhatian menurut Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo adalah pilkada di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Keluarga Korban KM Sinar Bangun Bisa Coblos di TPS Tigaras

Sebab, pilkada langsung di sana hanya diikuti oleh calon tunggal. Tetapi, sementara saat ini justru calon tunggal yang kalah dari bumbung kosong.

"Ada yang menarik, kotak kosong menang. Dan itu di daerah padat penduduk, padat pemilih. Hampir 1,5 juta di Pati," ujar Tjahjo, di Istana Negara, Jakarta, Kamis 16 Februari 2017.

Mendagri Tjahjo Tegaskan Isu Sara Racun Demokrasi

Pilkada di Pati hanya diikuti satu calon yakni calon bupati Haryanto dan calon wakil bupati Saiful Arifin. Haryanto adalah calon incumbent atau yang saat ini masih menjabat.

Pasangan tunggal ini, diusung dari delapan partai politik, yakni PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, Demokrat, Golkar, PKS, Hanura dan PPP.

Cagub Sumut Demokrat JR Saragih-Ance Selian Mendaftar ke KPU

"Ada partai yang mendukung banyak tapi yang menang tetap. Saya kira sesuatu yang menarik. Kalau yang lain kita tunggu proses hasil KPU," kata Tjahjo.

FOTO: Repro data KPU

Sementara itu berdasarkan pantauan VIVA.co.id di situs kpu.go.id, kandidat petahana unggul sementara dalam hitung cepat melawan kotak kosong. Cabup dan Cawabup Haryanto-Saiful mengantongi 74,70% dan kotak kosong 25,30%. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya