Nomor Urut Cagub DKI Tak Akan Berubah ke Putaran Kedua

Ilustrasi suasana saat Pilkada Serentak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Meski hasil scan dan input data pada Sistem Informasi Penghitungan Suara  Pilkada DKI Jakarta yang dilakukan oleh KPU DKI belum rampung sepenuhnya, namun hampir dapat dipastikan Pilkada DKI Jakarta berjalan dua putaran. Apabila hal tersebut terjadi, apakah akan ada perubahan nomor urut pasangan Calon Gubernur DKI?

Duet Prabowo-Gibran Nomor Urut 2, Jubir TKN: Jalan Tengah dan Keseimbangan

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, apabila masuk ke putaran kedua, akan diikuti oleh dua paslon yang mendapatkan suara terbanyak, dan suara kedua terbanyak. Untuk nomor urut keduanya, tidak mengalami perubahan.

"Tidak mengubah nomor urut. Jadi nomor urutnya kalau kita merujuk pada hasil hitung ini yang memperoleh suara terbanyak, kedua dan ketiga. Pasangan calon 2 dan 3. Nomor urut mereka akan tetap dipakai pada putaran kedua nanti," kata Sumarno di Bidakara, Jakarta Selatan. Jumat 17 Februari 2017

Kapten Timnas Amin Bersyukur Dapat Nomor Urut Satu: Mudah-mudahan Satu Kali Gol!

Sumarno juga mengatakan, pada Pilkada putaran kedua nanti, substansinya sebagian besar sama. Hanya ada perbedaan di beberapa hal saja. "Misalnya tentang pemutakhiran data Pemilih tidak ada lagi, yang ada hanya updating pemilih," ujarnya

Menurut Sumarno, tahapan kampanye juga akan tetap ada. Namun format kampanye pada putaran kedua ini berbeda dengan format kampanye putaran pertama.

Saat Prabowo Peragakan Aksi Joget Gemoy Usai Undian Nomor Urut Capres di Depan Megawati

Format kampanye pada putaran pertama, lanjut Sumarno, ada waktu sekitar hampir empat bulan masa kampanye. Kemudian juga calon blusukan, ada rapat umum, dan sebagainya. Sedangkan nanti pada putaran kedua tidak ada lagi model kampanye seperti itu.

"Jadi, yang ada hanyalah nanti akan ada satu kali lagi debat di putaran kedua. Itu diadakan dalam bentuk penajaman visi dan misi para calon yang nanti akan ikut di putaran kedua," ujarnya.

Ganjar Pranowo, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Ganjar Cerita Dicurhati Buruh soal UU Cipta Kerja: Tolong Pak Segera Review

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku mendapat masukan dari sejumlah buruh untuk merevisi UU Cipta Kerja jika terpilih.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2024