Pilkada DKI 2017

Sikap Non Blok Partai Demokrat Belum Diputuskan

Ilustrasi Partai Demokrat saat acara Rapimnas.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Memasuki Pilkada DKI 2017 putaran kedua, arah dukungan partai-partai pendukung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni masih belum diketahui, termasuk Partai Demokrat.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten
Belakangan, Demokrat disebut-sebut akan mengambil sikap non blok atau tidak akan menyatakan dukungan terhadap kedua pasangan calon. Menurut Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan, hingga saat ini belum ada sikap yang diputuskan terkait dukungan di Pilkada DKI..
 
Demokrat Ungkap Kejanggalan Pembahasan RUU HIP sejak Awal
"Partai Demokrat masih konsolidasi, dan belum memutuskan," kata Syarief ketika dihubungi oleh VIVA.co.id, Minggu 5 Maret 2017.
 
Pilkada 2020, Demokrat dan Golkar Sepakat Usung 33 Paslon
Ketika ditanyakan bagaimana aspirasi akar rumput Demokrat terkait arah dukungan di putaran kedua, Syarief tidak bisa memastikannya. Yang jelas, menurut dia, sikap Demokrat akan ditentukan dalam waktu dekat.
 
"Besok sore mungkin akan ada info," kata Syarief.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Umum Demokrat yang lain, Roy Suryo, mengungkapkan ada kemungkinan partainya tak bersikap mendukung alias non blok di putaran dua Pilkada DKI. Sikap ini diambil untuk menghormati dua koalisi parpol yang akan bersaing.
 
"Non blok ini opsi kami ketiga. Ada kemungkinan kami bisa mengambil non blok di putaran dua nanti," kata Roy Suryo. 
 
Namun, Roy menekankan sikap non blok ini bukan berarti tak memilih alias golput. Menurutnya, kader partai tetap dipersilakan menggunakan hak pilihnya menyesuaikan hati nurani mereka untuk memilih satu dari dua pasangan calon yang berlaga pada putaran dua. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya