Ahok: Saya Hormat dengan SBY

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Filzah Adini Lubis

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, mengakui pertemuannya dengan Presiden RI keenam yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, saat menghadiri undangan pernikahan putra pengusaha Grup Barito, Prajogo Pangestu, di Hotel Mulia, Jakarta, Minggu, 5 Maret 2017.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Dari foto yang beredar di media sosial, SBY yang mengenakan jas gelap berdasi merah didampingi Ani Yudhoyono yang berkebaya merah, tengah bersalaman dengan istri Ahok, Veronica Tan. Ahok sendiri terlihat sumringah ketika mendampingi istrinya bersalaman dengan SBY dan Ani Yudhoyono.

Ahok sendiri menganggap pertemuannya dengan SBY hanya lah pertemuan biasa. Ia termasuk SBY, sama-sama menghadiri acara pernikahan sebagai tamu undangan. Beberapa tokoh nasional dan pejabat juga turut hadir dalam acara tersebut.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

"Ya biasa lah. (Sama) Presiden keenam harus hormat. Ketemuan lah biasa hormat," kata Ahok di Balai Kota, Senin 6 Maret 2017.

Ahok, yang juga kandidat petahana Gubernur dalam Pilkada 2017, mengaku saat itu tak sempat membicarakan situasi politik yang berkembang dengan Ketua Umum Partai Demokrat tersebut. "Tidak sempat (bahas Pilkada)," ujarnya singkat.
 
Seperti diketahui, dalam pidato Rabu 2 November 2016, SBY sempat meminta kepolisian untuk memproses hukum Basuki Tjahaja Purnama yang saat itu dituding menistakan agama terkait pernyataaanya di Kepulauan Seribu. Konferensi Pers yang diadakan di kediamannya Cikeas, Jawa Barat, SBY menyikapi rencana aksi unjuk rasa sejumlah ormas pada 4 November 2016.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Persinggungan SBY dan Ahok tak berhenti saat itu saja. Saat persidangan 31 Januari 3017, Ahok yang telah berstatus terdakwa, lewat kuasa hukumnya menuding SBY ada di balik keluarnya fatwa MUI terkait pernyataan Ahok yang dianggap menista agama Islam.

Tuduhan itu dialamatkan kepada Ketua MUI, Ma'ruf Amin, yang menjadi saksi terkait kapasitasnya sebagai pimpinan MUI. Kuasa hukum Ahok mengklaim punya bukti percakapan Ma'ruf Amin dengan SBY. Atas pernyataan tersebut, SBY tak terima karena percakapan teleponnya telah disadap.

Pertemuan Ahok dengan SBY di acara pernikahan anak pengusaha di Hotel Mulia

Pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di acara pernikahan putra pengusaha Grup Barito, Prajogo Pangestu, di Hotel Mulia, Jakarta, Minggu, 5 Maret 2017. (Foto Istimewa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya