Ridwan Kamil Masuk Radar PAN Dipasangkan dengan Kadernya

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
Sumber :
  • instagram.com/ridwankamil

VIVA.co.id – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil telah didukung untuk menjadi calon Gubernur Jawa Barat 2018 oleh Partai NasDem. Terkait hal itu, Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto juga mengaku bahwa partainya terbuka dengan Ridwan Kamil. Namun Yandri belum mengetahui kepastian PAN akan menyatakan sikap resmi dukungannya.

Tugas Khusus Ridwan Kamil untuk Uu Ruzhanul

"Dan kami memang melihat RK salah satu calon yang potensial untuk memimpin Jabar 5 tahun ke depan, dengan RK berhasil memimpin Bandung. Kemudian, dari kebutuhan Jabar kelihatannya memang RK layak kami dukung," kata Yandri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 20 Maret 2017.

Yandri mengatakan, partainya juga sebenarnya memiliki kader yang baik untuk Jabar. Dia menyebutkan nama-nama seperti Desi Ratnasari, Bima Arya, Primus Yustisio.

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Diprediksi Langgeng

"Nanti komunikasinya gimana, apakah nanti RK pasangan dengan Desi Ratnasari, apakah dengan Bima Arya, Primus atau yang lain. Yang penting bagi PAN adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat dan berjuang untuk rakyat dan bisa memajukan Jabar," ujar Yandri.

Menurut Yandri, nama-nama yang dia sebut juga adalah nama-nama kuat untuk diusung dari internal. PAN akan siap jika Ridwan meminta salah satu kader PAN untuk ikut bertarung di Pilkada Jabar 2018.

Pasangan Asyik Belum Mau Akui Keunggulan Rindu

"Bima Arya kuat, Wali Kota Bogor. Desi Ratnasari sangat populer, juga Anggota DPR RI. Primus sangat populer juga, dan Anggota DPR. Jadi kuat semua. Dan PAN siap juga kalau nanti RK mengajak kader PAN untuk menjadi wakil, tentu PAN akan menyiapkan kader yang terbaik," kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPP NasDem Johnny G Plate mengakui deklarasi Ridwan dilakukan lebih dini. Hal itu untuk memberi kepastian kepada masyarakat dan memberi waktu kepada Ridwan Kamil untuk mempersiapkan diri.

"Juga diberi kesempatan waktu yang cukup bagus RK untuk mulai menilai calon cawagub yang potensial," kata Plate dalam pesan tertulis, Senin 20 Maret 2017.

Selain itu, menurut Anggota Komisi XI DPR ini, dengan deklarasi dini, ada waktu yang cukup untuk melakukan komunikasi politik dengan partai-partai yang lain untuk membangun koalisi cagub Jabar yang kuat.

"Seperti PAN, PKB, PPP dan bahkan dengan Golkar, PDIP dan Hanura, untuk membentuk koalisi cagub Jabar yang lebih solid," ujar Plate. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya