MPR Akan Bahas Terpilihnya Oesman Sapta sebagai Ketua DPD

Zulkifli Hasan dan pimpinan MPR 2014-2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Ketua MPR Zulkifli Hasan turut menanggapi kisruh dalam pemilihan pimpinan di Dewan Perwakilan Daerah. Meskipun demikian, dia tetap berharap proses yang terjadi di lembaga itu menghasilkan keputusan terbaik.

Lelang Jabatan Sekretaris Jenderal DPD Dinilai Bermasalah

"Mari kita hormati sepenuhnya proses yang terjadi di DPD," kata Zulkifli di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 4 April 2017.

Mengenai terpilihnya Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang sebagai Ketua DPD, Zulkifli berjanji akan membicarakannya dalam rapat pimpinan.

Ketua DPR Diminta Mediasi Polemik Legalitas Caleg DPD

"Dalam waktu dekat kami akan musyawarah dan hal ini tentu akan dibicarakan bersama," tutur Zulkifli.

Zulkifli menegaskan bahwa MPR dan DPD berbeda. Menurutnya, masing masing adalah lembaga negara yang memiliki aturan tersendiri. "Kami sepenuhnya percaya teman-teman di DPD bisa selesaikan masalahnya," kata dia.

DPD RI Tegaskan Tak Ada Upaya Kriminalisasi KPU

Seperti diberitakan sebelumnya, Oso terpilih sebagai Ketua DPD secara aklamasi. Selain Oso, rapat paripurna lembaga itu juga memilih Nono Sampono sebagai Wakil Ketua 1 dan Darmayanti Lubis sebagai Wakil Ketua 2.

Oso sendiri saat ini merupakan salah satu Wakil Ketua MPR. Jabatan barunya di DPD tentu membuatnya memiliki posisi pimpinan di dua lembaga tinggi negara.

Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti (kanan) saat bersilaturahim ke Rais Aam NU Miftachul Akhyar di Pondok Pesantren Miftachussunnah di sela-sela kegiatan resesnya di Surabaya, Senin, 21 Februari 2022.

La Nyalla Minta Doa Rais Aam NU, Bilang Demokrasi RI Perlu Dikoreksi

La Nyalla Mahmud Mattalitti menemui Rais Aam NU dan memaparkan alasan upayanya untuk memperjuangkan ketentuan presidential threshold nol persen.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022