Besok, DPR Umumkan Calon Anggota KPU dan Bawaslu Terpilih

Komisi II melakukan uji kelayakan 14 calon komisioner KPU
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Komisi II DPR merampungkan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Sementara kemarin juga telah dirampungkan uji terhadap 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Andi Asrun: Keputusan DKPP Keliru Besar

"Dari kemarin pagi sampai dengan malam ini semuanya lancar tanpa ada masalah. Selanjutnya rapat internal," kata Ketua Komisi II Zainuddin Amali usai fit and proper test pada Selasa malam, 4 April 2017.

Amali mengatakan dalam rapat internal itu akan diputuskan mekanisme pemilihan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan penentuan calon terpilih dari KPU dan Bawaslu. "Karena tidak semua akan kita pilih," ujar Amali.

KPK Periksa Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan Terkait Korupsi Harun Masiku Hari Ini

Komisi II katanya akan berupaya secepatnya melakukan pemilihan dalam rapat internal ini. Namun jika tidak bisa dipaksakan, maka akan dilanjutkan pada Rabu 5 April 2017 besok.

"Tanggal 6 lusa Insya Allah ada rapat paripurna dari Komisi II tentang (pengumuman) calon-calon terpilih. Jadi izinkan kami melakukan rapat internal," kata Amali.

Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan Klaim Bebas Bersyarat-Sesuai-Undang-undang

Dalam fit and proper test calon anggota Bawaslu pada hari ini, Komisi II menanyakan tentang sejumlah hal. Poin utama yang ditanyakan adalah seperti pengawasan pemilu.

Kemudian Komisi II juga menanyakan terkait sentra penegakan hukum terpadu pelanggaran pemilu yang dinilai belum maksimal. Calon anggota juga bahkan ditanyakan mengenai politik uang yang kerap terjadi saat Pemilu.
 

DKPP menggelar sidang kode etik dengan teradu Ketua KPU dan Komisioner (28/2)

Ketua KPU Disidang Lagi di DKPP, Pelapor Minta Sanksinya Dipecat

Ketua KPU Hasyim Asy'ari bersama seluruh komisioner KPU menjalani sidang kode etik di DKPP hari ini

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024