DPR Minta KPU Segera Bekerja Siapkan Pilkada 2018

Simulasi Pemilu Kepala Daerah 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Ketua Komisi II DPR, Zainuddin Amali, mendesak pimpinan Komisi Pemilihan Umum segera menyiapkan Pemilihan Kepala Daerah 2018. Apalagi jumlah daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada tahun depan akan lebih banyak dibanding tahun ini.

Ketika Puti Guntur Soekarno Menggenggam Tangan Khofifah

"Di samping banyak (daerah yang melaksanakan pilkada), ada daerah-daerah besar seperti Jawa Barat, Jawa Timur. Lalu banyak juga kabupaten kotanya. Butuh kesiapan lebih," kata Zainuddin di Gedung DPR, Jakarta, Jumat 21 April 2017.

Menurutnya, Pilkada DKI Jakarta lalu akan bisa berpengaruh ke pilkada ke daerah misalnya Jawa Barat termasuk perihal isu dan berbagai fenomenanya. Oleh karena itu dia meminta kepada KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mempersiapkan diri dan mapan dengan aturan yang berlaku.

Demokrat: Pengusungan Puti Guntur Bukan Dinasti Politik

Ia menekankan apabila akan ada perubahan maka aturan harus segera disesuaikan agar aturan tersebut tak tertinggal dengan tahapan pelaksanaan pilkada.

"Apalagi KPU akan disibukkan dengan Pemilu legislatif dan Pemilu presiden 2019. Misalnya harus dimulai dengan verifikasi partai politik kalau ada. Lalu hal-hal teknisnya seperti apa," kata Zainuddin. (ren)

Calon Petahana Riau Ditantang Eks Menteri sampai Danrem
Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Hidayat Nur Wahid.

Dukung Gus Ipul, PKS Tak Mau Dianggap Koalisi dengan PDIP

Gus Ipul sudah jauh-jauh hari meminang PKS.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2018