Survei: Mayoritas Warga Papua Pilih Jokowi

Jokowi berkampanye di Papua, 5 Juni 2014.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Peneliti Indikator Politik Indonesia, Hendro Prasetyo, mengungkapkan hasil surveinya terkait dengan elektabilitas sejumlah tokoh untuk Pilpres 2019 dengan responden masyarakat Papua. Hasilnya, mayoritas warga Papua masih memilih Joko Widodo jika pilpres dilakukan dalam rentang survei pada Maret hingga April 2017.

Ajukan Saksi Tambahan, Putusan Gugatan Mulan Jameela Cs Ditunda

"Secara spontan, mayoritas warga Papua menyebut nama Jokowi, 59 persen," kata Hendro di kantor Indikator, Jakarta, Jumat 5 Mei 2017.

Adapun tokoh lainnya yang memiliki elektabilitas tinggi di bawah Jokowi di antaranya Prabowo Subianto sebesar 3 persen, Basuki Tjahaja Purnama sebesar 1,6 persen, dan Jusuf Kalla 1,2 persen.

Jusuf Kalla Nilai Pertemuan Jokowi-Prabowo Damaikan Politik Bangsa

"Lainnya ada Surya Paloh, SBY, Ones Pahabol, Lukas Enembe, dan Hary Tanoesudibjo," kata Hendro.

Elektabilitas Jokowi yang tinggi di Papua tampaknya seiring dengan kepuasan warga Papua terhadap program Jokowi. Hendro menyebutkan sebanyak 13 persen responden sangat puas dengan kinerja Jokowi.

#03PersatuanIndonesia Sinyal Baik Pertemuan Jokowi-Prabowo

"Lalu 77 persen responden cukup puas dengan kinerja Jokowi. Hanya 9 persen yang kurang puas," kata Hendro.

Di antara banyaknya program pemerintah, Indikator mencatat kepuasan warga Papua terhadap program BBM satu harganya Jokowi.

"Sebanyak 11 persen responden menjawab puas dengan program BBM satu harga. Lalu sebanyak 50 persen merasa puas. Dan 32 persen tak puas," kata Hendro.

Berdasarkan survei Indikator, sebanyak 77 persen responden menyatakan cukup puas terhadap kinerja Presiden Jokowi. Survei yang dilakukan Indikator ini mengambil sampel wawancara sebanyak 710 orang WNI di provinsi Papua. Metode yang digunakan multistage random sampling dengan margin of error 3,8 persen. Survei ini dilakukan dari Maret hingga April 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya