Semua Anggota DPD Bisa Ganti Oso

Pelantikan Ketua DPD, Oesman Sapta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id - Oesman Sapta Odang telah sebulan lebih menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah. Sementara penggantinya di Majelis Permusyawaratan Rakyat belum juga ditentukan.

Songsong Pemilu 2024, Oso Minta Kader Hanura Aktif Rangkul Rakyat

Menurut anggota DPD Gede Pasek Suardika, hal itu belum bisa diputuskan. Alasannya, DPD juga masih sibuk dengan konflik internal.

"Ini kan saya yakin setelah semua selesai pasti nanti akan ke sana. Ini (konflik internal) saja belum selesai. Ini kan kita selesaikan step by step. Kita sabar sajalah, nanti kita soft semua," kata Pasek ketika ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 8 Mei 2017.

OSO Tunjuk Kodrat Shah Jadi Sekjen Hanura Gantikan Gede Pasek Suardika

Karena itu menurutnya, nama-nama calon pengganti Oso belum bisa dipastikan. Dia memastikan seluruh anggota DPD nanti bisa menjadi Wakil Ketua MPR dari perwakilan DPD. "Nanti namanya 131 dikurangi beliau (Oso) kan. Siapa aja boleh kan," ujar dia.

Pasek juga tidak bisa memastikan kapan pengganti Oso di MPR ini akan diputuskan. Dia meminta para anggota DPD bisa melaksanakan kewajibannya, seperti hadir dalam paripurna-paripurna, agar persoalan ini juga bisa dibahas.

Lelang Jabatan Sekretaris Jenderal DPD Dinilai Bermasalah

"Mereka yang tidak mengakui sidang ini, karena agenda yang ini adalah penutupan masa sidang, berarti mereka belum melakukan rapat sidang untuk dirinya masing-masing kan. Berarti segala hak dan kewajibannya tidak bisa jalan," kata Pasek.

Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti (kanan) saat bersilaturahim ke Rais Aam NU Miftachul Akhyar di Pondok Pesantren Miftachussunnah di sela-sela kegiatan resesnya di Surabaya, Senin, 21 Februari 2022.

La Nyalla Minta Doa Rais Aam NU, Bilang Demokrasi RI Perlu Dikoreksi

La Nyalla Mahmud Mattalitti menemui Rais Aam NU dan memaparkan alasan upayanya untuk memperjuangkan ketentuan presidential threshold nol persen.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022