Survei NCID: Elektabilitas Prabowo Kalahkan Jokowi

Pertemuan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Direktur eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID), Jajat Nurjaman mengatakan, tidak dapat dipungkiri kalau kemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 lalu, turut mendongkrak popularitas dan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Kontroversi Cuitan Fedi Nuril soal Prabowo dari Penculik hingga Pelayan

Akibat hal itu, kini Prabowo berada dalam posisi ideal jika ia memutuskan untuk berpartisipasi sebagai calon presiden di Pemilu 2019.

"Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan 1.130 responden dengan metode multistage random sampling. Partisipan survei adalah seluruh warga Indonesia yang berusia di atas 17 tahun, dan memiliki hak pilih dengan margin of error sebesar empat persen,” kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu 13 Mei 2017.

Momen Guru Besar UGM Minta Maaf, Adiknya Rela Tak Lanjut SMA Demi Lanjutkan Kuliahnya

Posisi Prabowo bahkan mengalahkan Joko Widodo (Jokowi). Jokowi berada di posisi kedua dengan perolehan suara sebanyak 31,24 persen. Sementara Prabowo di posisi pertama dengan suara 35,16 persen. Survei pemilihan Presiden 2019 dilakukan NCID pada periode April-Mei 2017.

Salah satu faktor yang membuat elektabilitas Jokowi turun adalah ketidakpuasan masyarakat atas berbagai kebijakannya yang dianggap tidak pro rakyat, seperti kenaikan tarif dasar listrik, pencabutan subsidi dan stabilitas keamanan yang terganggu. Juga soal penegakan hukum yang dianggap semakin lemah selama rezim Jokowi. Sementara itu Prabowo dianggap sebagai sosok yang mampu membalikkan keadaan.

Prabowo Berikan Hadiah Spesial di Hari Ulang Tahun Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sementara tokoh nasional lain, seperti Jusuf Kalla mendapatkan suara16,4 persen, dan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo dengan 8,3 persen. Sementara 8,9 persen diisi tokoh lain dengan suara tidak signifikan, dan mereka yang belum menentukan pilihan. (mus)

Pasangan Capres Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka hingga kini telah meninggalkan kediaman Prabowo menuju Istora Senayan, Jakarta, Rabu 14 Februari 2024 malam.

Viral Curhatan Anak di Akhir Hayat Ayahnya Rela Nahan Sakit Demi Bisa Coblos Prabowo Subianto

Meskipun dipaksa untuk dibawa ke rumah sakit, namun laki-laki tersebut memilih untuk tetap memberikan suaranya. Sang ayah bersedia, jika sudah mencoblos Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2024