ICW Kritik Oso Pimpin DPD seperti Perusahaan Sendiri

Aktivis ICW kritik manuver Ketua DPD, Oesman Sapta Odang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rifki Arsilan

VIVA.co.id – Polemik rangkap jabatan Ketua Dewan Perwakilan Daerah sekaligus Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Oesman Sapta Odang atau Oso, terus menjadi perhatian publik. Sebab, orang nomor satu di Partai Hanura itu saat ini telah menahan atau membekukan dana reses bagi anggota DPD buntut saling klaim kepemimpinan yang sah sebagai Ketua DPD.

OSO Tunjuk Kodrat Shah Jadi Sekjen Hanura Gantikan Gede Pasek Suardika

Koordinator Bidang Korupsi Politik dari Indonesian Corruption Watch (ICW), Donal Faridz, mengkritik sikap arogansi Oso yang meminta Kesekjenan DPD menahan aliran dana reses bagi anggota DPD RI. Menurutnya langkah itu adalah tindakan yang sudah sangat berlebihan. Menurut Donal, apa yang dilakukan oleh Oso tersebut menunjukkan Ketua Umum Hanura itu menyamakan lembaga negara seperti perusahaan miliknya sendiri.

"Oso tidak bisa menyamakan lembaga negara ini dengan perusahaannya sendiri. Di lembaga negara, tidak bisa melakukan aturan sesuai kehendaknya sendiri. Ini lembaga negara, bukan perusahaan pribadi," kata Donal di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu 21 Mei 2017

OSO sampai Mendiang Tenaga Medis Corona Dapat Tanda Jasa dari Jokowi

Donal menuturkan, upaya menahan dana reses anggota DPD adalah sebuah tindakan penyalahgunaan wewenang (abuse of power) yang dapat merugikan negara. Sebab, dalam situasi konflik kepemimpinan seperti ini, menurut Donal, dapat menghambat kerja-kerja DPD. (Baca: Diskiminasi kubu Oso ke Ratu Hemas)

Bahkan ia menilai, manuver Oso itu merupakan upaya pendudukan secara paksa yang dilakukan oleh Oso bersama para pendukungnya, agar dianggap sebagai kepemimpinan yang sah secara konstitusional.

Kuasa Hukum: Tak Ada Nama OSO di Kasus PT Mahkota

“Ini adalah upaya pendudukan yang dilakukan oleh kelompok Oso, kalau dia pimpinan yang sah, tentu dia tidak akan menahan," kata Donal. (ren)
 

Elite politikus Hanura peringati HUT partai ke 15.

Songsong Pemilu 2024, Oso Minta Kader Hanura Aktif Rangkul Rakyat

Ketum Hanura Oesman Sapta alias Oso minta kader Hanura aktif bisa merangkul dan menyerap aspirasi rakyat.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2021