Pilkada Jatim 2018, PKB Antar Gus Ipul Cari Perahu Demokrat

Gus Ipul saat menyambangi Partai Demokrat untuk mencari dukungan menjelang Pilkada Jawa Timur 2018, Kamis (1/6/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Partai Kebangkitan Bangsa mulai menggalang koalisi untuk memenangkan kandidat calon gubernur yang diusung, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018. Sejumlah partai politik didekati.

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Pada Kamis, 1 Juni 2017, Ketua PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar, dan Gus Ipul mendatangi kantor Partai Demokrat Jatim di Jalan Kertajaya Surabaya, Jawa Timur. Keduanya disambut Ketua Demokrat Jatim, Soekarwo. Sejumlah pengurus PKB setempat juga hadir di kesempatan itu.

Demokrat adalah partai pertama yang ditemui setelah PKB menyatakan resmi mengusung Gus Ipul di Pilkada Jatim nanti. "Kami antar Gus Ipul ke sini untuk mendapatkan dukungan Demokrat," kata Ketua PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar atau Cak Halim.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Kakak kandung Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, itu mengatakan, Demokrat disambangi pertama karena sosok Soekarwo sebagai ketuanya. Bagi Cak Halim, Pakde Karwo, sapaan Soekarwo, bukan hanya sosok pemimpin partai, tetapi juga sesepuh di Jawa Timur.

Karena itu, adalah pantas jika PKB meminta dukungan kepada Pakde Karwo agar Gus Ipul didukung saat Pilkada Jatim nanti. "Pakde Karwo adalah sesepuh Jatim, karena itu kami berkunjung ke Demokrat," kata Cak Halim.

Gus Ipul Bicara soal Pergantian Cak Imin dari Ketua Umum PKB: Harus Regerenasi

Pakde Karwo menyambut baik kehadiran PKB dan Gus Ipul itu. Dia juga menyinggung soal wacana calon tunggal yang diinginkan PKB dan pihak Gus Ipul. "Saya senang dengan situasi seperti ini, karena calon gubernurnya dianter ketua PKB muter-muter ke partai-partai," ujarnya dengan gaya bercanda.

Soal dukungan ke Gus Ipul, Pakde Karwo mengatakan bahwa keputusan berada di tangan majelis tertinggi DPP Demokrat. Lebih dari soal itu, dia berharap Pilkada di Jatim berlangsung aman dan kondusif. "Karena itu, kami juga Forkopimda sudah melakukan pertemuan agar situasi Jawa Timur kondusif," ucapnya.

Selain ke Demokrat, sore ini Gus Ipul mendatangi kantor Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur di Jalan Kendangsari. Di sana dia mengambil formulir pendaftaran calon gubernur yang pengambilan formulirnya dibuka PDIP pada 1 Juni 2017 ini.

Gus Ipul mengaku lega PKB akhirnya memberikan tiket maju sebagai cagub kepada dirinya. Dia juga mengapresiasi kepada Cak Halim yang merelakan keinginannya maju dan mengikuti keputusan PKB mengusung Gus Ipul.

"Kami datang ke sini (kantor Demokrat Jatim), merupakan saran pak halim. Kami ingin mempererat silaturrahim," kata Gus Ipul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya