Ketua DPR: Megawati 'Anak Ideologis' Pancasila

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Golkar, Setya Novanto.
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto mendukung keberadaan Megawati Soekarnoputri sebagai salah satu dari sembilan pengarah Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Dia mengatakan bahwa figur Mega sangat representatif dalam menggelorakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Instruksi Megawati Kader PDIP Rapatkan Barisan Pascapembakaran Bendera

"Sebagai mantan presiden, pemimpin partai politik terbesar, beliau adalah anak kandung Proklamator yang juga Presiden Pertama RI, Ir. Sukarno," kata Novanto dalam siaran persnya, Rabu, 7 Juni 2017.

Karena itu, Novanto tidak ragu Sukarno sebagai salah satu perumus Pancasila, selalu mengalirkan darah Pancasila kepada seluruh rakyat Indonesia, terkhusus kepada putra dan putri kandungnya.

PDIP Laporkan Tujuh Akun Media Sosial yang Hina Megawati

"Saya yakin, Megawati Soekarnoputri tidak lagi sekadar anak kandung perumus 5 sila dalam Pancasila, tapi juga telah menjadi 'anak ideologis' dari Pancasila itu sendiri," kata tokoh yang juga Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

Novanto juga yakin, 8 tokoh lainnya yaitu Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, KH Ma'ruf Amin, mantan Ketua MK Mahfud MD, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Syafii Maarif, KH Said Aqil Siradj, Prof Dr Andreas Anangguru Yewangoe, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, dan Sudhamek, akan mampu bekerja cepat, tepat dan efektif.

Megawati Dituding Otak di Balik RUU HIP, PDIP Menjawab

"Saya dan kita semua tentunya berharap, keberadaan UKP-PIP yang dipimpin oleh cendikiawan muda Yudi Latief, akan memberi pencerahan baru dan paradigma baru tentang Pancasila, tentang bagaimana berinteraksi di alam Pancasila, tentang bagaiman menjadi Pancasila yang juga berarti menjadi Indonesia yang seutuhnya," tutur Novanto. (ase)

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarnoputri

Isi Surat Megawati Minta Kader Rapat Barisan Usai Bendera PDIP Dibakar

Surat harian Megawati itu dibenarkan Sekjen PDIP.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020