Pengambilan Keputusan Revisi UU Pemilu Mundur Lagi

Ahmad Riza Patria dari Fraksi Partai Gerindra
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id - Pengambilan keputusan sejumlah isu krusial Revisi Undang-Undang Pemilu terus mundur. Sempat beberapa kali dijadwalkan pengambilan keputusan terakhir untuk voting nyatanya antar fraksi masih belum bersepakat.

Demokrat Tetap Mendesak Bahas Revisi UU Pemilu

Begitu pun dengan keputusan yang dijadwalkan Selasa pekan ini ternyata harus diundur hingga Senin pekan depan. Wakil Ketua Pansus Pemilu, Ahmad Riza Patria, mengatakan sesuai kesepakatan, saat ini Pansus memberikan kesempatan pada anggotanya untuk terus melakukan lobi hingga mencapai mufakat.

"Kami sepakati Senin ambil putusan terkait UU pemilu di tingkat Pansus. Namun kami berikan kesempatan pada fraksi-fraksi untuk lobi dan pendekatan antar fraksi terkait isu strategis agar diharapkan pembahasan antara fraksi dan internal fraksi selesai sehingga Senin bisa diambil putusan di tingkat Pansus," kata Riza di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 15 Juni 2017.

Demokrat Tanya Alasan Jokowi Konsen Revisi UU ITE daripada UU Pemilu

Ia menambahkan Pansus menargetkan hasil kesepakatan terhadap sejumlah isu krusial tersebut bisa diambil keputusannya dalam Sidang Paripurna pada 17 atau 20 Juli 2017. Isu krusial tersebut disederhanakan dengan sistem paket.

"Semalam dari 9 paket, sudah mengerucut jadi 6 paket. Diharapkan 1-3 hari ini bisa jadi 2-3 paket bahkan bisa satu paket. Kalau belum bisa ditemukan titik temu, di paripurna sehingga semua bisa hadir," kata Riza.

Pemerintah Bantah Tolak Revisi UU Pemilu karena Jegal Anies
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman

Ketua MK Sebut UU Pemilu dan UU Cipta Kerja Paling Sering Digugat

Ada sebanyak 48 undang-undang yang yang dimohonkan pengujiannya di MK tahun 2021. UU Pemilu dan UU Cipta Kerja paling banyak digugat

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022