Sikap Gerindra Soal Ancaman Pembekuan Anggaran KPK-Polri

Politikus Partai Gerindra Desmond Mahesa
Sumber :
  • VIVA/Irwandi

VIVA.co.id - Partai Gerindra belum memutuskan sikap soal usulan agar Komisi III DPR tak membahas anggaran KPK-Polri. Isu itu muncul ketika kedua lembaga itu bersikeras tak mau mendatangkan Miryam S Haryani dalam rapat Pansus.

Rekomendasi Pansus Angket Masuk Akal, KPK Harus Patuhi

"Kami belum membahas tentang sikap. Mungkin itu sikap Golkar kali ya. Kalau Gerindra belum memberikan keputusan apapun. Tentunya ada pertimbangan-pertimbangan," kata Wakil Ketua Komisi III yang juga politikus Partai Gerindra, Desmond J Mahesa, saat dihubungi Viva.co.id, Jumat, 23 Juni 2017.

Ia menjelaskan contohnya dalam rangka tahun pemilu kalau tidak tempatkan kepolisian untuk mengamankan pemilu 2018 maka dipertanyakan faktor keamanan.

PKS dan Demokrat Kompak Tolak Rekomendasi Pansus KPK

"Kedua bicara anggaran KPK, apa sudah dikerjakan KPK hari ini dengan tidak ada anggaran akhirnya proses penyidikan akan terganggu. Yang jadi soal Pansus angket pada prinsipnya bukan otak-atik kelembagaan KPK," kata Desmond.

Ia mengatakan Pansus Angket lebih pada 'mengotak-atik' oknum-oknum yang ada di dalam KPK. Misalnya soal ketidakpatuhan anggaran, bluffing soal Novel Baswedan, dan ada proses hukum yang tak maksimal dijalankan.

Pansus Angket Rekomendasikan KPK Bentuk Lembaga Pengawas

"Itu yang mau kita lihat. Tapi bukan otak-atik penyadapan tak boleh ada. Itu kan tak boleh. Tentu mengganggu kelembagaan. Dari Gerindra itu sikapnya. Kita belum bicarakan, belum ada keputusan apapun, itu lebih tepatnya," kata Desmond.

Suasana sidang di Mahkamah Konstitusi.

MK Bantah Inkonsisten Soal UU MD3

MK memperjelas status KPK dan tak menganulir keputusan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2018