Sidang Isbat Dianggap Tak Perlu jika Ada Kalender Hijriah

Ilustrasi sidang Isbat di Kementerian Agama.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Sodik Mudjahid, mengharapkan umat Islam Indonesia menjadi pelopor penggunaan kalender hijriah permanen dan akurat sesuai standar syariah tapi menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi termutakhir.

Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

"Dengan pola begini maka tidak perlu lagi ada kesibukan khusus jelang 1 Ramadan atau 1 Syawal," kata Sodik melalui pesan singkatnya pada Sabtu, 24 Juni 2017.

Ia menilai cukup pengumuman Menteri Agama tentang kalender itu ditambah penjelasan mengenai keputusan sidang isbat di internal organisasi kemasyarakatan Islam.

LIVE Breaking News: Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

Menurutnya, sidang isbat untuk menentukan awal berpuasa Ramadan atau Hari Raya Idul Fitri mengesankan kurang baik jika kebetulan ada perbedaan hasil penetapan. Hal itu akan mengekspose perbedaan Ramadan atau Syawal di kalangan umat Islam.

"Jika masih diperlukan pertemuan ormas atau ulama dengan Menteri Agama dan lainnya pada H-1 Ramadan/Syawal, bukan untuk isbat, tapi untuk silaturahmi atau koordinasi kegiatan menjelang Ramadan atau Syawal," kata Sodik. (ase)

Siap-siap Lebaran! Hilal 1 Syawal 1445 H Diprediksi Bisa Dilihat di Indonesia
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024