PDIP Evaluasi Kinerja Ganjar Pranowo untuk Pilgub 2018

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :

VIVA.co.id – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP sedang mengevaluasi kinerja Ganjar Pranowo dan pasangannya untuk persiapan menuju Pilkada Jawa Tengah, tahun depan. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Jawa Tengah sebagai komitmen untuk memperkuat basis partai berlambang Banteng moncong putih itu.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

"Pilkada Jateng ditempatkan sebagai komitmen untuk memperkuat basis Partai Banteng, PDI Perjuangan. Tahapan saat ini adalah pemetaan politik, termasuk melakukan penilaian atas kinerja pasangan gubernur dan Wagub Ganjar Pranowo-Heru," kata Hasto dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis, 6 Juli 2017.

Ia menjelaskan penilaian kinerja berdasarkan kebijakan politik mengacu asas Pancasila dan keberpihakan kepada wong cilik. Kemudian, kinerja selama kepemimpinannya termasuk kerja sama dengan partai.

Masuk Bursa Cagub Jateng 2024, Irjen Ahmad Luthfi: Saya Masih Dinas

"Pada prinsipnya PDIP mengambil kebijakan untuk memprioritaskan kader partai. Sebab salah satu fungsi partai memang menyiapkan kepemimpinan ideologis bagi kader-kader partai melalui mekanisme kelembagaan seperti sekolah partai dan kaderisasi Partai," ujarnya.

Ia menambahkan partai juga punya tradisi memberi kesempatan bagi kadernya untuk dicalonkan kembali atau dua periode menjabat. Khususnya apabila berdasarkan penilaian partai, kader partai tersebut dapat menjalankan tugas kerakyatan dengan baik.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

"Untuk itu DPP Partai bertugas melakukan pemetaan politik dan ibu ketua umum lah yang memiliki kewenangan untuk memutuskan," lanjut Hasto.

Hasto juga menegaskan pilkada serentak ditempatkan dalam satu kesatuan proses. Mekanisme Partai semakin matang dan terus disempurnakan termasuk perbaikan kualitas sekolah para calon kepala daerah.

"Kurikulum dan pengajar yang mumpuni akan kami hadirkan sebagai jawaban dan tanggung jawab partai untuk mencalonkan pasangan terbaik. Bagi yang memiliki tanggung jawab kepemimpinan untuk menghadirkan kekuasaan yang membangun peradaban dengan menyelesaikan masalah rakyat, silakan mendaftar ke DPC, DPD dan DPP Partai," jelasnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya