Novanto Tersangka, ARB Sepakat Tak Perlu Munaslub

Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Ketua Dewan Pembina Partai Golongan Karya Aburizal Bakrie menyepakati keputusan Dewan Pimpinan Pusat  Partai Golkar untuk tidak menyelenggarakan Musyawarah Nasional Luar Biasa.

JK: Mau Jadi Ketum Golkar? Jangan Harap Kalau Tak Punya Modal Rp 600 Miliar

Wacana Munaslub sempat mencuat usai Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi  dalam kasus mega korupsi e-KTP. Munaslub sendiri, diperlukan sebagai mekanisme untuk mengganti jabatan ketua umum Partai Golkar.

Ical, sapaan Aburizal, menyampaikan Partai Golkar memang sebaiknya tetap menjalankan hasil dari Musyawarah Nasional yang terakhir diselenggarakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Mei lalu. Ada pun, Munas itu lebih menghasilkan keputusan terkait upaya pemenangan Golkar baik di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, atau pun Pemilihan Umum 2019.

Sekjen Golkar Nilai Pernyataan ARB Bukti Pencapresan Airlangga Final

"Kita sepakat sekarang tidak ada satu pun Munaslub. Kita harapkan ada pemberian wewenang penuh (kepada Setya Novanto) untuk melakukan tugas tugas sesuai dengan adanya keputusan-keputusan Munas yang lalu," ujar Ical di kediamannya, Jalan Ki Mangun Sarkoro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Juli 2017.

Ical menyampaikan hal ini usai menerima kedatangan Novanto. Menurut dia, status tersangka Novanto juga tidak akan banyak memengaruhi kinerja Golkar secara umum untuk melaksanakan hasil munas. Pasalnya, Ical menyampaikan, Partai Golkar menganut sistem kepemimpinan 'kolektif kolegial'.

ARB Pasang Badan Dukung Airlangga Jadi Capres 2024

Saat Novanto berhalangan melaksanakan tugasnya karena harus memenuhi panggilan pemeriksaan, misalnya, maka wakil-wakil Novanto di DPP harus berperan menggantikannya.

"Dengan langkah-langkah yang tadi diambil tadi di rapat pleno, saya yakin dan percaya bahwa Partai Golkar tetap berjalan," tutur Ical.

Ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di pondok pesantren Al Falah Nagreg, Bandung, Jawa Barat

Airlangga Luncurkan GIBRAN di Ponpes Al Falah Nagreg Bandung

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah mengunjungi Pondok Pesantren Al Falah Nagreg, Bandung, Jawa Barat. Dalam kunjungannnya tersebut, Airlangga tak sendirian

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2024