Jokowi Merasa Dibohongi PAN

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Partai Amanat Nasional (PAN) berbeda sikap dengan koalisi parpol pendukung pemerintah dalam paripurna DPR, Kamis malam tadi, 21 Juli 2017. Presiden Joko Widodo memberikan tanggapan terkait persoalan ini.

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

Jokowi mengatakan, sehari sebelum paripurna, sempat bertemu Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 19 Juli 2017. Menurut dia, pertemuan itu juga menegaskan sikap PAN untuk tetap berada dalam koalisi pemerintah.

"Untuk PAN, supaya diketahui bahwa sehari sebelumnya sudah bertemu dengan saya. Dan sudah menyampaikan kepada saya untuk mendukung," kata Jokowi, usai menutup Mukernas PPP di Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 21 Juli 2017.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Disinggung sanksi untuk PAN, Jokowi tak ingin memberi tahu. Namun, ia ingin mengatakan kalau PAN sebelum paripurna menjanjikan untuk solid bersama partai koalisi lainnya.

"Tadi kan sudah saya sampaikan, sehari sebelumnya kan kami sudah ketemu dan akan solid di partai pendukung pemerintah," katanya.
 
Jokowi tak berbicara terkait sanksi yang akan diberikan. Hanya, ia mengaku kalau hubungan dengan PAN sampai saat ini baik.

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

Seperti diketahui, enam partai pendukung pemerintah yakni PDIP, Golkar, PPP, PKB, Hanura, dan Nasdem solid mendukung usulan ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshoald 20/25 persen.

Sementara itu, PAN satu-satunya parpol pendukung pemerintah yang berbeda. Sikap PAN justru memilih walk out bersama partai-partai oposisi yakni Gerindra, PKS dan Partai Demokrat. (ase)

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah)

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

Sejak tiba di Padang pada 29 Desember 2021, Zulkifli Hasan langsung tancap gas untuk bertemu kader-kadernya di Sumbar.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2021