Parpol Usung Jokowi di 2019 Dianggap Belum Final

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa, Lukman Edy, menilai deklarasi sejumlah partai untuk mencalonkan kembali Joko Widodo sebagai calon presiden di Pilpres 2019, belum final.

Namanya Masuk Bursa Cawapres, Puan: Capresnya Aja Belum Jelas

Setidaknya, sudah ada dua partai yang melakukan deklarasi mendukung Jokowi untuk Capres 2019, yakni Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Namun, untuk Golkar, Lukman menilai keputusan partai berlambang Pohon Beringin itu untuk mengusung Jokowi, kemungkinan akan konsisten.

Emil Dardak Maklumi Dukungan Khofifah untuk Jokowi

"Tapi bagi partai-partai yang lain saya melihat sifatnya baru dalam rangka untuk melakukan agregasi, agregasi pilihan-pilihan, belum pada sifat yang final," kata Lukman, seusai menjadi pembicara dalam diskusi Perspektif Indonesia di Menteng, Jakarta, Sabtu 22 Juli 2017.

Alasannya, tidak terlepas dari gugatan terhadap Undang Undang Pemilu yang akan dilakukan oleh sekelompok orang ke Mahkamah Konstitusi. Menurut Lukman, semua partai politik saat ini masih menahan diri untuk tidak mengambil keputusan deklarasi, seperti yang dilakukan Golkar dan PPP.

"Saya kira semua partai politik masih menahan diri. Termasuk PDIP sendiri masih menahan diri," kata Lukman.

Khofifah dan Ketua Umum Golkar Bahas Dukungan untuk Jokowi

Begitu juga dengan PKB. Walau menurutnya semua partai harus mulai konsolidasi internal menghadapi Pemilu 2019, tapi PKB hingga kini belum ada usulan dan bahasan apakah mengusung Jokowi lagi atau tidak.

"Belum ada pembicaraan soal itu," kata Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal era Presiden SBY itu. (one)

Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) di Bogor beberapa waktu lalu.

Airlangga-TGB, Para Kandidat Cawapres Jokowi sudah Bicara Serius

Apa saja yang mereka bicarakan?

img_title
VIVA.co.id
9 Juli 2018