Ibas Pernah Tak Jadi Dipanggil KPK karena Teman

Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi disebut-sebut pernah membuat surat pemanggilan kepada anak Susilo Bambang Yudhoyono bernama Edhie Baskoro Yudhoyono terkait kasus Hambalang. Namun surat itu tidak diloloskan oleh dua pimpinan KPK saat itu, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Komisioner saat itu Abraham Samad dan Bambang Widjadjanto melarang. Katanya itu adalah seorang teman. Saya juga bingung," kata mantan bawahan Nazaruddin, Yulianis, dalam kesaksiannya kepada Pansus Angket KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 24 Juli 2017.

Yulianis mengaku heran dengan cara pemanggilan di KPK yang seperti itu. Yulianis mengaku mendengar informasi itu langsung dari salah satu penyidik lembaga antirasuah itu.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

"Pemanggilan itu jadi kayak pemilahan, ini teman, ini bukan. Ini bukan teman, jadi dipanggil gitu. Penyidik bicara sama saya," ujar Yulianis.

Padahal, kata Yulianis, banyak yang menyebutkan dugaan keterlibatan Ibas. Namun setelah itu hanya dirinya yang dilaporkan ke kepolisian atas pencemaran nama baik.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

"Terakhir Pak Nazar juga menyebut. Anas juga menyebut, beberapa orang nyebut. Cuma saya dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan," kata Yulianis. (one)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024