Taufiq Kiemas Hampir Pasti Ketua MPR

VIVAnews - Dukungan terhadap pencalonan Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR periode 2009-2014 makin deras mengalir. Ketua Fraksi Partai Golkar sekaligus Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, siang ini menyatakan persetujuan partainya terhadap pengajuan nama Taufiq Kiemas sebagai pimpinan tertinggi MPR mendatang guna menggantikan Hidayat Nur Wahid.

"Taufiq Kiemas mendapat dukungan penuh dari Demokrat, PAN, dan PPP," ujar Priyo. Sebelumnya, Ketua Fraksi PKB, Marwan Ja'far, dalam konferensi pers terpisah, juga menegaskan hasil lobi-lobi yang mengarah pada pembentukan koalisi besar antara Demokrat, PDIP, Golkar, PPP, PKB, PAN, dan DPD, untuk meloloskan Taufiq Kiemas ke tampuk pimpinan MPR.

Koalisi besar tersebut tampaknya semakin membuat PKS yang ingin kembali mencalonkan Hidayat Nur Wahid sebagai Ketua MPR 2009-2014 terjepit. Berdasarkan peta politik terakhir di parlemen tersebut, praktis tidak ada dukungan sama sekali bagi Hidayat kecuali dari PKS.

Bagaimanapun, Priyo menegaskan bahwa Taufiq maupun Hidayat adalah tokoh senior bangsa yang memiliki track record baik dan sejarah politik panjang. Oleh karena itu, PKS terus diajak untuk melakukan komunikasi politik secara intensif, guna mencairkan sikap partai terbesar keempat di parlemen tersebut. "Sangat mungkin PKS juga akan bergabung bersama kami," kata Marwan Ja'far.

Priyo juga menegaskan dukungan partainya kepada PPP untuk menduduki kursi Wakil Ketua MPR. "Kami akan menyokong calon dari PPP, karena PPP belum mendapatkan kursi di kepemimpinan DPR," tutur Priyo

Terlebih, lanjut Priyo, figur yang akan diajukan oleh PPP adalah mantan Ketua Fraksi PPP, Lukman Hakim Syaifuddin, yang dirasa sangat cocok dengan Golkar. Golkar sendiri mengajukan Hajriyanto Thohari, Sekretaris Fraksi Golkar, sebagai Wakil Ketua MPR. "Lukman dan Hajriyanto ini sangat klop," kata Priyo mengungkapkan optimismenya.

Dengan demikian, paket pimpinan MPR yang akan diajukan oleh koalisi besar adalah Taufiq Kiemas dari PDIP sebagai Ketua MPR, dan Hajriyanto Thohari dari Golkar serta Lukman Hakim Syaefuddin dari PPP sebagai Wakil Ketua MPR.

Sementara itu, sisa dua kursi Wakil Ketua MPR lainnya kemungkinan akan diserahkan kepada DPD. "Tapi situasi masih cair dan dinamis, sehingga perkembangan apapun dapat terjadi sampai malam nanti," ujar Priyo menutup perbincangan.

Kakek di Garut Tewas Mengenaskan Diduga Dibunuh, Polisi Kerahkan Anjing Pelacak
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia

Konsumsi Terdongkrak Momen Pemilu Topang Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen

Pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal I-2024 tercatat tumbuh 5,11 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024