Tiga Isu Ini Bakal Dipakai Menyerang Jokowi di Pilpres 2019

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

VIVA.co.id – Wakil Sekjen PKB, Maman Imanulhaq memprediksi, Jokowi akan diserang tiga isu artifisial ketika nanti maju kembali dalam pilpres 2019. Tiga isu tersebut di antaranya isu anti Islam, isu anggaran, dan dana haji.

PKB Mengadu ke KPU Lamongan

"Isu artifisial anti Islam, PKI, pro China akan jadi isu yang seksis di 2019. PKB pandang 2019 adalah sesuatu yang harus dihadapi dengan kerja keras, kerja cerdas dan sinergitas," kata Maman dalam diskusi di Jakarta, Minggu 30 Juli 2017.

Ia menjelaskan, isu anti Islam nantinya akan menjadi isu yang mengemuka. Sebab, hingga kini isu itu masih dipertanyakan para ulama bahkan dijadikan bahan khotbah. Misalnya persoalannya ini sangat terkait dengan kriminalisasi ulama. "Ini (kriminalisasi ulama) selalu digoreng di bawah. Ini bukan dari Jokowi tapi orang yang ingin distigma seperti itu. Kita dorong Jokowi silaturahmi secara adil," kata Maman.

Duh, Kantor Jurdil2019.org Diintai Orang Tak Dikenal

Selanjutnya, isu yang akan dimainkan terkait dengan anggaran. Khususnya terkait dengan pendidikan yang dianggarkan 20 persen. Banyak yang mempertanyakan kemana anggaran digunakan. Sementara madrasah dan pesantren tak mendapatkan anggaran sesuai aturan. "Ini jadi pertanyaan terhadap Jokowi untuk pendidikan Islam. Lalu dana haji," kata Maman.

Lalu isu HAM, ia menjelaskan bagaimana bisa memberikan pemahaman kerja membangun infrastruktur dengan tak melanggar hak orang. Ia khawatir hal yang dipertanyakan bisa menjadi bom waktu kalau tak diselesaikan. "Ini perlu diselesaikan. Kita akan jawab ini bareng dan beri masukan pada Jokowi," kata Maman.

Gubernur Anies Hargai Proses Perhitungan Suara di Pemilu Serentak 2019

Adapun atas persoalan ini ia meyakini PKB bisa menjadi partai yang mendekati kelompok akar rumput dan mewakili Islam moderat menjawab soal ini. (mus)

ILUSTRASI - Pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2019. (Grafis: TIMES Indonesia)

Rektor Pakuan: Klaim Menang Pilpres 2019 Agar Disikapi Hati-hati

Klaim kemenangan hasil Pemilu 2019 harus pastikan dari sikap KPU.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2019