Perebutan Kursi Ketua MPR Makin Sengit

VIVAnews - Saling klaim dukungan dalam rangka perebutan tampuk pimpinan tertinggi MPR semakin gencar menjelang pemilihan Ketua MPR hari ini.

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

PKS lagi-lagi membantah kabar bahwa Demokrat telah mendukung penuh pencalonan Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR periode 2009-2014. PKS sendiri saat ini kembali mengajukan Hidayat Nurwahid sebagai calon Ketua MPR.

Melalui pesan singkatnya kepada VIVAnews,Sabtu 3 Oktober 2009, Ketua DPP PKS Mahfudz Siddiq menjelaskan bahwa Presiden PKS Tifatul Sembiring, telah memperoleh klarifikasi dari pimpinan teras DPP Partai Demokrat bahwa Demokrat belum menetapkan opsi untuk mendukung Taufiq Kiemas (PDIP) sebagai calon Ketua MPR didampingi Hajriyanto Thohari (Golkar) dan Lukman Hakim Syaefuddin (PPP) sebagai Wakil Ketua MPR.

"Presiden SBY belum memberikan arahan apapun soal ini," tegas Mahfudz. Ia pun menekankan, dahulu saat pembicaraan kontrak politik antara SBY dan PKS, SBY telah menyatakan bahwa dirinya lebih menginginkan Hidayat Nurwahid kembali terpilih sebagai Ketua MPR.

Mahfudz menjelaskan, jika Demokrat sampai mendukung Taufiq Kiemas yang notabene berasal dari partai lawan koalisi SBY, maka hal itu justru beresiko menjadi bumerang bagi SBY sendiri. "Hal itu akan menjadi 'perjudian politik' karena MPR memiliki kewenangan untuk melakukan impeachment (pemecatan) terhadap presiden," terang Mahfudz.

Oleh karena itu, Mahfudz menilai sebaiknya pimpinan MPR dipegang oleh partai-partai koalisi SBY guna mengamankan posisi SBY dan menjaga kestabilan pemerintah selama lima tahun ke depan.

Sementara itu, Taufiq Kiemas mengaku masih tetap optimis untuk memenangkan posisi Ketua MPR. Ditemui sebelum sidang paripurna MPR pagi ini, Taufiq yang sedang berjalan seraya berangkulan dengan Taufik Effendi, salah satu jajaran elit Demokrat, tampak tertawa lebar. "Kalau saya sudah dirangkul Taufik Effendi seperti ini, tentu saya makin optimis," ujarnya melontarkan gurauan.

Sejauh ini, selain Taufiq Kiemas dan Hidayat Nurwahid yang mengincar posisi Ketua MPR, terdapat pula Ginandjar Kartasasmita yang merupakan calon dari unsur DPD. Pemilihan Ketua MPR sendiri akan dilangsungkan sore ini di Gedung MPR/DPR.

Ilustrasi bermain game online.

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

Dalam era digital yang semakin maju, game online telah menjadi salah satu bentuk hiburan yang paling populer. Namun, kecanduan game online bisa berdampak negatif.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024