Lobi Pimpinan MPR Alot, DPD Ancam Abstain

VIVAnews - Acara pemilihan Ketua MPR yang seharusnya digelar sore ini tampaknya akan kembali tertunda karena lobi antara fraksi-fraksi DPR dan DPD berjalan cukup alot. Ketua DPR, Marzuki Alie, secara implisit menyatakan belum ada kemajuan signifikan terkait sejumlah materi yang diperdebatkan, termasuk soal komposisi dan paket pimpinan MPR.

Komposisi pimpinan MPR yang terdiri dari unsur DPR dan DPD memang belum disepakati secara resmi sejak kemarin. Namun dari forum konsultasi yang berlangsung cukup panjang, keinginan DPR mengerucut pada komposisi 3:2, yakni 3 orang berasal dari DPR dan 2 orang berasal dari DPD. Total pimpinan MPR berdasarkan Undang Undang memang berjumlah 5 orang, dengan format 1 orang ketua dan 4 orang wakil ketua.

Selain komposisi 3:2 tersebut, opsi yang cukup kuat juga adalah 4:1 dengan komposisi 4 pimpinan MPR berasal dari DPR dan 1 berasal dari DPD. Namun komposisi 4:1 ini mendapat tentangan keras dari DPD yang merasa dirugikan. Wakil Ketua DPD, Laode Ida, bahkan menegaskan bahwa DPD mengancam akan abstain bila opsi 4:1 ini yang dipilih.

Dengan demikian, lobi sampai saat ini belum mencapai kata sepakat. Bahkan soal bursa calon Ketua MPR pun belum disentuh secara signifikan. Sejauh ini nama-nama yang santer disebut akan berebut kursi Ketua MPR adalah Taufiq Kiemas dari PDIP, Hidayat Nurwahid dari PKS, dan Ginandjar Kartasasmita dari DPD.

"Belum sampai pada tahap pencalonan," ujar Marzuki Alie di sela-sela lobi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Sabtu 3 Oktober 2009. Bahkan, menurutnya, sebagian anggota dewan ada yang meminta agar pembahasan kembali ditunda. Namun hal ini tidak disetujui oleh Marzuki. "Sudahlah, jangan ditunda-tunda lagi. Sesuai jadwal saja. Lempar semua nama calon (pimpinan MPR) yang ada," tandas Marzuki.

Bila pemilihan pimpinan MPR berhasil diselesaikan malam ini, maka mereka akan segera dilantik. Presiden SBY dikabarkan akan menghadiri langsung pelantikan pimpinan MPR tersebut malam nanti.

Selain Netanyahu, Ini Pihak Israel yang Dikabarkan Akan Ditangkap Pengadilan Kriminal Internasional
“Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu Meninggal Dunia

Pendiri Mustika Ratu Mooryati Soedibyo meninggal dunia pada Rabu, 24 April 2024. Beliau meninggal pada dini hari, tepatnya pukul 01.00 WIB di usia 96 tahun. 

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024