PKB Gelar Uji Kelayakan Calon Kepala Daerah, Papua Pertama

Uji kelayakan dan kepatutan PKB persiapan Pilkada serentak 2018
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA.co.id – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB mulai menggelar uji kelayakan dan kepatutan bakal calon kepala daerah untuk Pilkada serentak 2018. Daerah yang dimulai kali pertama adalah Papua dengan melakukan uji kelayakan kepada lima bakal calon Gubernur Papua.

Uji Kelayakan Calon Anggota LPSK 2024-2029 di Komisi III DPR RI, Ini 14 Nama Calonnya

Ketua Desk Pilkada DPP PKB Daniel Johan mengatakan, kelima bakal cagub adalah Jhon Wempi Wetipo, Lukas Enembe, Paulus Waterpauw, Lenis Kagoya, dan Onnes Pahabol.

"Uji kelayakan dan kepatutan ini sebagai tool PKB menguji integritas dan kemampuan bakal calon kepala daerah. Proses ini juga sebagai cara PKB mendorong demokratisasi, good goverment, serta ikhtiar melahirkan pemimpin yang baik," kata Daniel kepada VIVA.co.id, Jumat, 4 Agustus 2017.

Jenderal Agus Subiyanto: Jangan Ragukan Netralitas TNI di Pemilu

Dijelaskan Daniel, alasan memilih Papua sebagai daerah yang bakal cagub dilakukan uji kelayakan karena ada beberapa hal. Provinsi ini dikenal memiliki kompleksitas dalam penyelenggaraan pemilu daerah. Selain itu, provinsi ini memiliki sumber daya alam potensial yang seharusnya bisa dimaksimalkan.

"Makanya kita ingin mendapatkan calon yang potensial karena provinsi ini sangat dinamis dalam soal pilkada," jelasnya.

Komisi I DPR Setuju Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Gantikan Yudo Margono

Kemudian, ia menyebutkan dalam uji kelayakan ini, PKB akan menguji seorang calon kepala daerah tentang visi misi terkait pembangunan daerah Papua. Salah satunya upaya strategi dalam meningkatkan kesejahteraan sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ia menyebut dalam uji kelayakan ini, internal PKB akan memberikan penilaian terhadap lima bakal cagub. Mulai dari integritas, leadership, serta kemampuan komunikasi politik.

"Akan kami berikan skoring penilaian dari beberapa aspek tersebut," tuturnya.

Dalam prosedurnya, setiap bakal cagub yang mengikuti uji kelayakan mesti mendaftarkan diri melalui kantor DPC/DPW PKB sesuai tingkatan proses pilkada. Persyaratan yang dilampiri seperti surat keterangan bebas narkoba dan surat keterangan sehat jasmani dan rohani.

Selanjutnya, usai uji kelayakan bakal cagub Papua, PKB juga akan menggelar terhadap kandidat bakal cagub Maluku Utara, Walikota dan Wakil Kota Serang, Banten serta Bupati dan Bupati Walikota Mandar, Sulawesi Barat. Uji kelayakan terhadap para bakal calon kepala daerah tersebut akan dilakukan selama bulan ini.

Wakil Ketua Fraksi PKB Daniel Johan.

Ketua Desk Pilkada PKB, Daniel Johan. Foto: VIVA.co.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya