Ketua MPR Heran Doa Tifatul Soal Gemukkan Jokowi

Presiden Joko Widodo saat pidato di Sidang Tahunan MPR 2017
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Doa politikus senior PKS Tifatul Sembiring dalam Sidang Tahunan MPR, 16 Agustus 2017 menuai sorotan. Ketua MPR Zulkifli Hasan mengaku sempat deg-degan jelang pembacaan doa tersebut.

Ketua Fraksi Golkar MPR: Amandemen Konstitusi Belum Mendesak

"Ya memang sekarang ini saya kalau acara-acara kalau ada doa saya deg-degan. Tapi ketika sudah Robbana Atina aman saya," kata Zulkifli ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat 18 Agustus 2017.

Zulkifli mengingatkan seharusnya doa dalam acara kenegaraan seperti sidang tahunan MPR harus dilakukan dengan bijak. Hal ini mengacu pelaksanaan pembacaan doa pada sidang tahunan sebelumnya.

KSP: Kenakan Pakaian Baduy, Jokowi Hapus Stigma Negatif

"Kenapa sih tidak saling menyenangkan gitu," lanjut Ketua Umum DPP PAN itu.

Zulkifli tidak menampik jika naskah doa itu sempat dilaporkan kepadanya terlebih dahulu. Namun, ia menyebut naskah yang dilaporkan dengan yang dibacakan bisa berbeda.

Jokowi Jelaskan Kenapa Kebijakan PPKM Berubah-ubah

"Ya kalau dilaporkan dengan dibacakan kan beda," kata Zulkifli.

Sebelumnya, Tifatul mengungkapkan doa itu dia bikin sendiri. Menurut dia naskahnya juga telah dilaporkan ke Ketua MPR tiga hari sebelumnya.

"Itu sudah ditulis. Sudah dilaporkan ke Pak Ketua MPR. Tiga hari sebelumnya kan sudah disetorkan itu doa," ujar Tifatul, Rabu, 16 Agustus 2017.
    
Dalam doanya, Tifatul meminta agar Tuhan menggemukkan badan Jokowi. Dia mengatakan, Jokowi pada saat ini pasti sangat kelelahan dan kekurangan waktu untuk beristirahat.

"Gemukkanlah badan beliau ya Allah, karena kini terlihat semakin kurus," ujar mantan menteri Komunikasi dan Informatika ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya