Syarat PKB di Pilgub Kalbar, Cagub Harus Peduli Petani Karet

Cak Imin dan elite PKB dalam acara Pesta Rakyat Gema Sholawat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA.co.id – Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mensyaratkan cagub Kalimantan Barat yang didukung partainya harus punya kepedulian terhadap petani karet. Selain itu, cagub tersebut harus bersedia berpasangan dengan kader PKB yang akan diusung dalam Pilgub, Juni, tahun depan.

Amanat Ketum PKB Cak Imin, Rakyat Papua Harus Punya Jalur Perjuangkan Kesejahteraan

"Cagub yang dimiliki PKB wajib punya program terobosan atasi persoalan petani karet," kata Cak Imin dalam keterangannya, Minggu?, 20 Agustus 2017.

Cak Imin menekankan petani karet sudah menjadi salah satu mata pencaharian di Kalimantan Barat. Program terobosan yang ditawarkan diperlukan untuk mengatasi penderitaan petani karet.

PKB Harap Duet Anies-Muhaimin Dapat yang Terbaik: Setiap Nomor Urut Punya History

"Jadi, wagub dari PKB dan program petani ini syarat satu paket dukungan dari PKB," ujar Cak Imin.

Kemudian, dia menambahkan untuk persoalan ini, PKB masih dalam proses pembahasan internal.

Guyonan Petinggi PKB soal Duet Amin yang Juga Belum Dapat Kapten Tim Pemenangan

"Tim Pilkada masih melakukan komunikasi, koordinasi, dan analisis," tutur mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu.

Sementara itu, Ketua Desk Pilkada PKB, Daniel Johan mengatakan tim yang dipimpinnya masih terus melakukan survei, baik untuk tingkat provinsi ataupun tingkat kota dan kabupaten.

"Untuk tingkat provinsi, kami siap bekerja sama. Koalisi dengan semua sahabat partai. Tetapi kami berharap wakilnya dari PKB," kata Daniel.

Dia menambahkan, arahan Cak Imin terhadap syarat cagub yang didukung PKB muthlak dimiliki. Kesulitan petani karet dalam beberapa tahun terakhir imbas merosotnya harga harus disikapi.

"Wajib memiliki program terobosan atasi derita petani karet. Apa dengan program alternatif sementara seperti ternak atau membeli karet rakyat dengan harga 10 ribu melalui APBD untuk diolah BUMD misalnya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya