PAN Ajukan Kader Internal untuk Posisi Wagub Jatim

Bendera Partai Amanat Nasional
Sumber :
  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita

VIVA.co.id - Partai Amanat Nasional menyiapkan kader internalnya untuk diusung sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Timur 2018. Bupati Lamongan, Masfuk, disodorkan ke sejumlah partai agar melakukan penjajakan untuk mendampingi Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa.

Dukung Gus Ipul, PKS Tak Mau Dianggap Koalisi dengan PDIP

"Berpasangan dengan siapa belum tahu, bisa Gus Ipul, bisa ibu Khofifah," kata Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 22 Agustus 2017.

Menurut Eddy, potensi Masfuk sangat besar lantaran telah menjadi Bupati Lamongan dua periode. Sehingga, pengenalan terhadapnya akan lebih mudah apalagi seperti Gus Ipul dan Khofifah sudah populer di Jawa Timur.

Ketika Puti Guntur Soekarno Menggenggam Tangan Khofifah

"Pak Masfuk juga Ketua DPW PAN Jawa Timur. Kader yang berpeluang menduduki posisi calon Wakil Gubernur," ujarnya.

Seperti diketahui, PAN pada awal berdirinya sempat dilekatkan menjadi saluran politik kalangan Muhammadiyah. Hingga akhirnya, Muhammadiyah menyatakan tidak akan berubah menjadi partai politik. Khofifah pun beberapa waktu lalu juga mengunjungi acara kebangsaan pemuda Muhammadiyah di Jawa Timur.

Arumi dan Puti Bikin Pendaftaran Cagub Jatim Gagal Fokus

Dalam pemberitaan sebelumnya, Surokim, pengamat politik dari Universitas Trunojoyo, Jawa Timur, menyebut bahwa kunjungan Menteri Sosial itu terkait meminta dukungan dari kalangan Muhammadiyah. Dalam konteks Pilkada, warga Muhammadiyah sebanyak 8 persen dari jumlah keseluruhan pemilih.

Meski suara itu tak besar, hal itu bisa jadi penentu mengingat elektabilitas antara Khofifah dan Gus Ipul bersaing ketat.

"Pemilih Muhammadiyah bisa diandalkan karena relatif solid. Pemilhnya progresif yang bisa memengaruhi lingkungan dengan nalar kritis dan rasionalnya," kata Surokim kepada VIVA.co.id, Rabu, 16 Agustus 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya