Demokrat, PAN dan PPP Sepakat Buat Poros Baru Pilkada Jabar

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/9/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Risky Andrianto

VIVA.co.id – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, mengatakan partainya belum memutuskan akan mendukung atau mengusung siapa pun dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat nanti. Meskipun kabar beredar Demokrat tengah membuat poros baru untuk mendukung Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

"Jawa Barat siapa pun terbuka peluang, karena itu biarkan porosnya dulu kami siapkan, baru nanti kami carikan pasangan calon yang kami anggap paling pantas dan tentu berpotensi menang," kata Hinca di Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu 9 September 2017.

Hinca belum bersedia mengungkapkan kader internal atau eksternal yang disiapkan dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat. Saat ini Partai Demokrat terus menginventarisir nama-nama yang beredar.

Demokrat Ungkap Kejanggalan Pembahasan RUU HIP sejak Awal

"Kami masih mencari dari dalam dan kalau dari luar juga kami perbincangkan bersama dengan parpol lain," paparnya.

Menganai partai apa saja yang diajak bergabung dalam poros baru di Jawa Barat, Hinca enggan menjelaskan. Menurutnya, poros dibangun karena kursi Partai Demokrat di Jawa Barat tidak cukup untuk mengusung kandidat sendiri.

Pilkada 2020, Demokrat dan Golkar Sepakat Usung 33 Paslon

"Porosnya dengan siapa saja bisa, karena jumlah kursinya enggak cukup, jadi terpaksa untuk bergabung," ujar mantan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini.

Hinca menambahkan, poros politik ini diharapkan tidak hanya di Jawa Barat, karena Demokrat berhasrat memenangkan sebanyak-banyaknya Pilkada 2018.

Poros Baru

Terpisah, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, mengatakan PAN, Demokrat, dan PPP sudah bersepakat untuk berkoalisi membuat poros baru dalam Pilkada Jawa Barat 2018.

"Mudah-mudahan nanti sepakat mengusung siapa," kata Zulkifli di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu 9 September 2017

Saat ditanya soal calon yang akan diusung, Zulkifli juga senada dengan Hinca Panjaitan. Mereka sama-sama belum mau menyebutkan satu pun nama yang berpeluang untuk maju. Nama-nama tersebut masih dibicarakan dengan partai koalisi lainnya.

Adapun soal peluang kemungkinan koalisi tersebut mengusung nama-nama calon yang telah muncul seperti Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi, dan Ridwan Kamil atau di luar nama tersebut, ia hanya menjawab semua kemungkinan bisa terjadi.

"Ya siapa saja, biar saja, segala kemungkinan bisa saja," kata Zulkifli. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya