Nasdem Girang Golkar Ikut Usung Ridwan Kamil

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Bandung.go.id

VIVA.co.id – Nasdem tak terkejut dengan beredarnya surat dukungan Golkar yang mengusung Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Sekjen DPP Nasdem, Johnny G. Plate mengapresiasi keputusan Golkar yang mendukung Ridwan Kamil.

"Itu bergabung dan kami sambut baik. Bersama PKB, Golkar, kami tatap koalisi yang besar dan solid untuk merebut kursi Jabar 1," kata Johnny saat dihubungi, Jumat, 22 September 2017.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Dia menekankan dengan bergabungnya Golkar maka koalisi pendukung Ridwan Kamil akan cukup dan bertambah besar. Golkar memiliki 17 kursi dari hasil Pemilu Legislatif 2014 di Jawa Barat. Kemudian, Nasdem dengan 5 kursi dan PKB ada 7 kursi.

Jika bertahan, koalisi tiga parpol ini sudah mencapai 29 kursi dan melampaui syarat minimal untuk mengusung pasangan calon. "Ya makin besar makin bagus dong. Ini yang kami siapkan dari awal. Karena Golkar terus berkomunikasi dengan kami," tutur Johnny.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Johnny meminta agar semua pihak tak menduga lebih jauh terkait sikap resmi Golkar. Menurut dia, lebih baik menunggu keterangan resmi Golkar dalam kebijakan mendukung Ridwan Kamil. "Kami tahunya Golkar fiks dukung Ridwan Kamil. Kalau terangan resmi, kita tunggu saja dari Pak Idrus Marham," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, surat penetapan dukungan DPP Golkar terhadap Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat beredar luas. Dalam surat terkait pengesahan pasangan calon kepala daerah provinsi Jawa Barat itu, Ridwan Kamil dipasangkan dengan kader Golkar Daniel Mutaqien.

Surat dengan klasifikasi rahasia bernomor R-/GOLKAR/IX/2017 dikeluarkan 17 September 2017 dan ditandatangani Ketua Umum Golkar Setya Novanto dan Sekjen Idrus Marham.

Surat tersebut ditujukan pada Ketua DPD Golkar Jawa Barat. Keputusan mengusung Ridwan Kamil ini dalam surat tersebut telah didasarkan pada hasil rapat tim pilkada pusat Golkar pada 1 Juli 2017, 1 Agustus 2017, dan 4 September 2017 yang dihadiri unsur pimpinan DPD Golkar Jawa Barat. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya