Fokus Pilkada, PDIP Masih Belum Pikirkan Capres

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan belum mau terburu-buru mengajukan nama calon presiden untuk Pemilu 2019. Meskipun kadernya, Joko Widodo, telah disorongkan kembali, partai berlambang banteng moncong putih itu masih fokus menggerakkan mesin politiknya untuk persiapan Pilkada Serentak 2018 sebelum mendeklarasikan calon presiden.

Pidato Wajah dan Fisik di Gelora Bung Karno

"Kami melakukan langkah konsolidasi, baik konsolidasi dengan pemerintahan, jajaran struktural partai, dan rakyat," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu, 11 Oktober 2017.

Hasto menuturkan, pengurus di seluruh daerah telah turun ke masyarakat untuk mengenalkan program-program partai. Ia menjelaskan bahwa partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini ingin memastikan bahwa pemerintahan Jokowi-JK berjalan hingga akhir jabatan.

Andri Arief Kritisi Luhut soal Pendukung Demokrat Minta Pemilu Ditunda

Dengan demikian, dukungan kepada Jokowi selanjutnya akan berbuah rekomendasi setelah melalui mekanisme tahapan di internal partai. "Akan tiba saatnya bagi kami untuk mendeklarasikan pasangan presiden dan wakil presiden," ujarnya.

Berdasarkan jadwal KPU, masa pendaftaran bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden dimulai 4-10 Agustus 2018. Pendaftaran itu akan diikuti tahapan selanjutnya dengan pemeriksaan kesehatan, verifikasi kelangkapan dokumen serta administrasi tertulis dari gabungan partai politik untuk mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Survei PSI: Elektabilitas Golkar Tertinggi, Ungguli PDIP
Kelompok tari yang membawakan tarian untuk mendukung PDIP (13/6). Sumber : Hendra Simbolon

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Wacana Pertemuan antar Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri akan segera dilaksanakan.

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2023