PAN 'Lelang' Kang Yoto dan Masfuk untuk Cawagub Jatim

Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno.
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Partai Amanat Nasional (PAN) belum menetapkan arah dukungan dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Namun, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menekankan partainya siap mengajukan kader internal untuk diusung menjadi bakal calon wakil gubernur di Jawa Timur.

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

Untuk persaingan calon gubernur Jawa Timur, Eddy mengakui sudah mengerucut pada dua figur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa.

"PAN mengajukan kader kami di sana yaitu Pak Masfuk, bupati Lamongan dua kali dan Pak Suyoto atau Kang Yoto, bupati Bojonegoro saat ini," kata Eddy di kantor KPU, Jakarta, Jumat, 13 Oktober 2017.

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

Bila salah satu kader ini dipinang sebagai calon wakil gubernur, baik oleh Gus Ipul atau Khofifah, maka dukungan PAN akan menuju kandidat tersebut. Eddy menilai Gus Ipul atau Khofifah sama-sama berpeluang diusung PAN dengan syarat kader PAN harus menjadi calon wakil gubernur.

Untuk merealisasikan hal tersebut, menurut Eddy, partainya sudah melakukan komunikasi dengan hampir semua pengurus daerah parpol di Jawa Timur. Komunikasi tersebut berjalan secara intens dan dinamis.

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

"Komunikasi dengan Demokrat, Golkar, PDIP, PKB hampir semua. Rata-rata dengan partai yang memiliki dominasi signifikan di Jatim. Gerindra juga," paparnya.

Terkait kecenderungan arah dukungan PAN, Eddy belum mau berkomentar banyak. Menurutnya hal tersebut terlalu dini karena partai belum bersikap resmi.

"Terlalu dini bagi saya mengatakan apakah PAN cenderung ke Gus Ipul atau Khofifah. Kembali syaratnya tadi, keduanya memiliki peluang dan akan lebih bagus kalau tarik kader kami," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya