Jenderal Gatot Dinilai Lebih Mungkin Jadi Cawapres Jokowi

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Nama Panglima Tentara Nasional Indonesia, Jenderal Gatot Nurmantyo kerap dikaitkan dengan Pemilihan Presiden 2019 belakangan ini. 

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Soal isu itu, Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai, Gatot lebih mungkin dipasangkan dengan Joko Widodo ketimbang kandidat lain, seperti Prabowo Subianto.

"Karena ada kecenderungan capres (berlatar belakang) militer, akan menggandeng tokoh sipil sebagai pasangannya," kata Pangi, di Jakarta Pusat, Sabtu 14 Oktober 2017.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Menurut Pangi, Prabowo dan Gatot juga sulit dipasangkan di Pilpres 2019, karena segmen pemilih Prabowo beririsan, atau memiliki kemiripan dengan ceruk segmen preferensi Gatot. Dia mengatakan, basis pemilih Gatot sama dengan segmen Prabowo, yaitu basis fundamental kanan. 

"Gatot juga bisa menarik segmen pemilih kanan, basis suara umat mayoritas. Sementara, Jokowi tetap fokus penjaga gawang menggarap segmen nasionalis sekuler," ujar Pangi. 

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Namun, Pangi mengakui, belum ada jaminan pemilih Gatot dari segmen kanan, atau tengah bakal mantap, atau menjadi strong voter untuk memilih pasangan Jokowi-Gatot. "Gatot bagus dengan elektabilitasnya sendiri, apabila digabungkan belum tentu," kata Pangi.

Sebelumnya, nama Gatot juga diusulkan oleh Partai Nasdem untuk menjadi Calon Wakil Presiden Jokowi di Pilpres 2019. Nama Gatot juga kerap masuk dalam survei terkait Pilpres.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih oleh KPU RI di Ist

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024