Pilpres 2019, PAN Bisa Usung Gatot, Anies atau Prabowo

Bendera Partai Amanat Nasional
Sumber :
  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Ketua DPP PAN, Yandri Susanto, tak bisa memastikan partainya mengusung Jokowi dalam Pilpres 2019. Sebab, PAN sudah bulat ingin mengusung Ketua Umumnya, Zulkifli Hasan.

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

"Rakernas PAN di Bandung sudah bulat mengusung Bang Zul. Apakah itu capres, sebagai cawapres nanti akan diputuskan di tahun 2018. PAN nggak ada jaminan mendukung Jokowi," kata Yandri di gedung DPR, Jakarta, Senin 23 Oktober 2017.

Ia menyebutkan Zulkifli yang akan disodorkan dalam pilpres dari internal PAN. Sementara di eksternal PAN, ia menyebutkan sejumlah nama yang dijagokan, seperti Prabowo Subianto, Gatot Nurmantyo, dan Anies Baswedan.

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

"Jadi tahun depan, saya kira-kira bulan April atau Mei, PAN sudah kelihatan berkoalisi dengan siapa. Kalau di internal kami perlu berkomunikasi secara implisit konstruktif dengan partai lain atau calon yang berpotensi untuk bertarung di 2019. Jadi kalau kami sih ada Pak Gatot, Anies, Prabowo dan internal PAN Pak Zul," kata Yandri.

Ia menjelaskan Zulkifli memerintahkan kadernya kembali ke daerah untuk melihat aspirasi masyarakat soal siapa yang layak maju pilpres, termasuk soal berkoalisi dengan siapa.

Muhaimin Ungkap Isyarat Jokowi jika Ingin Reshuffle Kabinet

"Jadi bulan April Insya Allah akan kami panggil lagi untuk melaporkan perkembangan terkini di masing-masing daerah. Apakah berkoalisi dengan siapa," kata Yandri. (ren)

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah)

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

Sejak tiba di Padang pada 29 Desember 2021, Zulkifli Hasan langsung tancap gas untuk bertemu kader-kadernya di Sumbar.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2021