Bursa Kabinet SBY

Suebu Santer Disebut Gantikan Numberi

VIVAnews -  Jatah Menteri Kelautan tampaknya tak akan jauh-jauh dari kalangan Indonesia Timur. Kursi menteri yang bakal ditinggalkan Fredy Numberi itu santer disebut akan diwariskan kepada Barnabas Suebu.

Sumber VIVAnews, Kamis 15 Oktober 2009, menyebutkan  di samping sejumlah calon lainnya, Suebu juga dicalonkan menempati jabatan tersebut. Sejumlah kandidat memang disebut-sebut bakal menduduki posisi ini. "Tapi yang terkuat Suebu," kata sumber itu.

Suebu sendiri bukanlah orang baru dalam politik. Ia kini menjabat gubernur Papua. Ia terpilih lewat pilkada 2006 lalu. Pelantikannya melalui proses cukup panjang, karena saat itu ia tersandung kasus ijazah palsu yang kemudian disangkalnya dan belakangan tidak terbukti.

Sebelum terpilih sebagai gubernur Papua dalam pilkada tahun 2006, pada 1988-1993, ia juga sudah memangku jabatan nomor satu di provinsi itu. Pria kelahiran Sentani pada 29 April 1946 ini juga pernah menjabat ketua DPRD Irian Jaya, penasihat menteri riset dan teknologi, duta besar Indonesia untuk Meksiko, Honduras dan Panama.

Di Papua, ia terkenal dengan sepak terjangnya untuk melindungi penduduk asli agar bisa hidup berdampingan dengan masyarakat lainnya. Ketika program transmigrasi gencar dilakukan di Papua, ia berkali-kali mengingatkan pemerintah pusat agar transmigrasi dijalankan tapi tidak harus meminggirkan hak dasar masyarakat asli.

Jika benar Suebu menggantikan Numberi, sebagai negara maritim, ia akan menghadapi pekerjaan rumah yang menumpuk. Numberi pernah mengatakan, pekerjaan rumah paling berat adalah menyelaraskan kepentingan nasional di bidang kelautan dan perikanan dengan ketentuan internasional yang mencakup upaya mensinergikan kewenangan penegakan hukum di laut, implikasi konvensi (UNCLOS 1982), yakni aspek eksternal maupun internal, dan Undang-Undang RI No. 5 Tahun 1983 tentang Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), serta  Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia.

Masalah lain yang tak kalah pentingnya adalah pemberdayaan masyarakat di wilayah pesisir. Saat ini masalah mendasar nelayan Indonesia adalah keterbatasan armada, sehingga memengaruhi kesejahteraan mereka.

Sudah Menjenguk, Ayah Chandrika Chika Gak Nyangka Anaknya Pakai Narkoba
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Saksi Ungkap SYL Setoran Uang Bulanan ke Istri Hingga Puluhan Juta

Pengadilan Tipikor kembali melanjutkan sidang kasus korupsi berupa pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian RI, salah satu terdakwanya Syahrul Yasin Limpo (SYL)

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024