Politikus Golkar Ini Bela Novanto yang Mangkir Panggilan KPK

Wakil Ketua Baleg DPR RI, Firman Soebagyo
Sumber :

VIVA – Anggota DPR Fraksi Partai Golkar Firman Soebagyo memprotes pemberitaan yang mempersoalkan ketidakhadiran Ketua DPR dan Ketua Umum Golkar Setya Novanto ke KPK karena lebih mengutamakan kunjungan ke daerah pemilihan (dapil) Senin lalu. Menurut dia kunjungan ke dapil juga penting.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

"Karena ternyata banyak media dan masyarakat tertentu yang tidak memahami tentang pentingnya kunjungan ke dapil bagi semua anggota DPR RI dan tidak kecuali termasuk pimpinan DPR RI," kata Firman dalam keterangan tertulis yang disampaikan, Rabu 15 November 2017.

Wakil Ketua Badan Legislasi DPR ini menjelaskan bahwa kunjungan ke dapil di masa reses adalah kewajiban bagi anggota DPR dan juga adalah amanat Undang-Undang MD3.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Yang berbunyi, anggota DPR RI berkewajiban menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala," ujar dia.

Firman dari Komisi IV DPR ini juga ikut dalam kunjungan Novanto ke Nusa Tenggara Timur itu. Dia mengaku kunjungan ke NTT itu sudah dijadwalkan dari sebelumnya. "Apalagi reses yang dilakukan tersebut adalah permintaan masyarakat yang sudah jauh-jauh sebelumnya dijadwalkan," kata Firman.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi sedianya memanggil Ketua DPR Setya Novanto pada Senin 13 November 2017. Novanto dipanggil sebagai saksi dalam perkara dugaan korupsi e-KTP.

Namun Novanto saat itu diketahui tengah berada di luar Jakarta. Dia tengah mengunjungi Panti Asuhan Sonaf Maneka di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024