Bursa Kabinet SBY

PKS Intip Posisi Menristek dan Menkominfo

VIVAnews - Kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, mulai ramai sejak pukul 10, Minggu pagi. Calon-calon menteri yang akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) satu-persatu mulai memasuki kediaman SBY. Mereka akan diwawancara secara langsung oleh presiden dan wakil presiden terpilih, SBY dan Boediono.

Calon menteri yang terakhir datang ialah Suharna Surapranata, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PKS. Ia diprediksi akan diplot untuk mengisi posisi Menteri Ristek dan Teknologi (Menristek) pada kabinet lima tahun mendatang.

Sebelumnya, Presiden PKS Tifatul Sembiring kemarin juga telah hadir di Cikeas. Ia akan diposisikan sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo). PKS kemungkinan akan memperoleh tiga kursi pada kabinet 2009-2014 ini.

Selain Suharna, keempat calon menteri lainnya sudah lebih dulu datang Di Cikeas. Darwin Saleh adalah calon yang pertama kali datang. Ia adalah Ketua DPP Demokrat Bidang Ekonomi dan Keuangan. Belum diketahui, di kementrian mana dia akan ditempatkan. Sementara calon kedua yang muncul di Cikeas adalah Djoko Kirmanto. Lulusan Teknik Sipil UGM ini dikabarkan diplot untuk posisi Menteri Pekerjaan Umum.

MS Hidayat ialah yang berikutnya. Selama ini ia sudah sangat dikenal sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), dan diplot untuk posisi Menteri Perindustrian. Calon keempat yang muncul ialah Gusti Muhammad Hatta. Ia merupakan Guru Besar Fakultas Kehutanan di Universitas Lambung Mangkurat, Banjar Baru, Banjarmasin. Gusti kemungkinan diperhitungkan untuk mengisi pos Menteri Kehutanan.

Fit and proper test dimulai pada pukul 10 tepat. Hingga kini, dari keempat calon yang sudah berada di dalam kediaman SBY, baru Darwin Saleh yang sudah keluar. Proses wawancara terhadap belasan calon menteri diprediksi akan berlangsung hingga larut malam.

"Hari ini ada wajah baru, kalangan profesional, dan perempuan, dengan komposisi berimbang antara tokoh partai dan nonpartai," ujar jubir presiden, Andi Mallarangeng, sebelum proses wawancara dimulai. Ia menyiratkan, hari ini akan lebih banyak muncul wajah-wajah dari kalangan profesional independen.

Sempat berhembus kabar bahwa terdapat dua tokoh PDIP yang diundang datang ke Cikeas hari ini. Namun Andi menolak untuk mengklarifikasi isu tersebut. "Anda lihat saja sendiri nanti," ujarnya sembari tersenyum. PDIP sendiri hingga kini belum memberikan kepastian soal sikap politik mereka, apakah akan bergangung atau berada di luar kabinet.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024