Bursa Kabinet SBY

14 Calon Menteri Selesai Tes Kesehatan

VIVAnews - Sebanyak 14 calon menteri hari ini melaksanakan tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta. Jumlah ini lebih sedikit dari yang dijadwalkan semula, 16 calon menteri.

Sedangkan dua calon menteri yang urung mengikuti tes adalah calon menko perekonomian Hatta Rajasa dan calon menteri pemuda dan olah raga Andi Mallarangeng. Meski tak hadir, kedua calon telah mengajukan izin tak bisa datang hari ini.

Pemeriksaan kesehatan yang berlangsung pukul 07.00-15.30 ini ditangani oleh 19 dokter dan 45 orang panitia.

Sebagian besar calon menteri mengangap tes kejiwaan merupakan tes yang paling sulit dan melelahkan. "Akibat kurang tidur, waktu melaksanakan tes psikologi (kejiwaan) saya mengantuk," kata calon menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Kondisi lainnya juga dirasakan Muhammad Nuh yang saat ini masih menjabat menteri komunikasi dan informatika. M Nuh mengaku dari serangkaian penilaian kesehatan, tes kejiwaan adalah satu bentuk tes yang paling menarik.

M Nuh mengaku, dia membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk menyelesaikan lebih dari 500 pertanyaan tertulis. "Hasil tes kejiwaan, saya sehat," ujarnya.

Kesulitan yang sama juga dialami Surya Darma Ali, Marie Elka Pangestu, dan sebagian dari calon menteri yang dipanggil untuk mengikuti tes penilaian kesehatan hari ini.

Ketua Tim Penilaian Kesehatan Brigjend Supriyantoro menjelaskan, tes kejiwaan dimaksudkan untuk mengetahui kondisi psikologi calon menteri yang di antaranya meliputi kerentanan terhadap stress, impulsif, atau kemungkinan adanya kelainan misalnya kecenderungan terhadap satu sifat tertentu.

"Untuk pemeriksaan kejiwaan ini biasanya waktu yang dibutuhkan 1,5 jam, dan calon menteri yang sekarang ini rata-rata mengerjakan sesuai waktu itu," ujarnya.

Berikut nama-nama calon menteri yang melakukan tes kesehatan hari ini:

1. Djoko Suyanto (calon Menko Polhukam)
2. Agung Laksono (calon Menko Kesra)
3. Sudi Silalahi (calon Mensesneg)
4. Muhaimin Iskandar (calon Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi)
5. Suryadharma Ali
6. Sri Mulyani (calon Menteri Keuangan)
7. Gamawan Fauzi (calon Mendagri)
8. Mari Pangestu (calon Manteri Perdagangan)
9. Jero Wacik (calon Menbudpar)
10. M Nuh (calon Mendiknas)
11. Syarif Hasan (calon Menakertrans)
12. Tifatul Sembiring (calon Menkominfo)
13. Sutanto (calon Menkum HAM/ESDM)
14. Salim Segaf al Jufrie (calon Mensos)

Sedangkan 14 calon menteri yang dipanggil SBY hari ini, akan menjalani tes kesehatan besok di tempat yang sama.

hadi.suprapto@vivanews.com

dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu
Seorang wanita ngamuk ke Dishub Makassar karena mobilnya mau digembok

Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

Viral wanita yang mengamuk ke anggota Dishub Makassar karena tak terima mobilnya digembok usai parkir sembarangan. Dishub Makassar beberkan kronologi insiden tersebut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024