Hari-hari Terakhir Jusuf Kalla

Sebingkai Mozaik dari Wartawan Untuk JK

VIVAnews - Wakil Presiden Jusuf Kalla tersenyum saat membuka kertas coklat yang menutupi gambar di sebuah bingkai. Gambar wajah Kalla, segera terlihat sesaat setelah tidak ada lagi kertas coklat yang menutupi. Namun begitu memperhatikan dengan seksama gambar tersebut, Kalla, dengan spontan Kalla mengungkapkan kekagetannya.

"Oh, ternyata gambar ini tersusun dari ribuan gambar ya?" tanya Kalla. "Ini merupakan foto terbagus dan terunik yang pernah saya dapatkan selama lima tahun ini," kata Kalla.

Itu merupakan sebuah adegan dalam acara perpisahan dengan Wapres Kalla di Istana Bogor, Minggu pagi, 18 Oktober 2009. Saat itu, wartawan yang biasa meliput di Istana Wapres memberikan sebingkai foto mosaik kepada Kalla, yang merupakan kado istimewa yang diberikan kepada Kalla di akhir masa jabatannya.

"Kami mengucapkan terima kasih, karena bagi kami Bapak adalah narasumber yang selalu menghasilkan berita menarik. Ucapan Bapak biasanya selalu menjadi headline," ujar wartawan Antara, Jaka Surya, mewakili para wartawan.

Kalla merupakan figur yang dikenal spontan, ekspresif, dan mudah 'mencairkan' suasana. Ini pula yang membuat sosok Kalla begitu menarik bagi wartawan. Karena setiap ucapan, bahkan polah-tingkah Kalla memiliki nilai berita yang tinggi.

Kalla pun selalu tampil apa adanya saat memberikan keterangan kepada wartawan. Tidak pernah sekalipun ada pertanyaan yang disiapkan dan diatur terlebih dahulu oleh protokoler dan stafnya. Semua pertanyaan wartawan biasanya dijawab Kalla dengan ekspresif, bahkan dengan nada tinggi dan raut muka marah jika memang pertanyaan itu membuatnya tersinggung. Jika memang tidak bersedia menjawab, Kalla akan diam dan hanya melemparkan senyum.  

"Karena berbicara dengan wartawan sama dengan berbicara kepada publik. Karena memang tugas wartawan untuk menyampaikan itu kepada masyarakat," ucap Kalla.

Secara terus terang, Kalla pun mengaku merasa terganggu akibat ulah wartawan. "Kadang ada yang SMS atau telepon tengah malam. Bahkan hanya wartawan yang berani mencegat jalan saya," demikian pengakuan Kalla. Namun Kalla memahami itu adalah sebuah konsekuensi dari jabatan yang diamanahkan kepadanya.

Kalla juga berterima kasih atas kritik yang diberikan wartawan dalam pemberitaan terhadap dia. "Kritik seringkali menjadikan yang tidak baik menjadi baik, dan meluruskan yang tidak benar menjadi benar," tuturnya.

Selain memberikan sebingkai foto mosaik, para wartawan juga memberikan hadiah berupa kain ulos kepada Kalla dan istrinya, Mufida Kalla. Di masing-masing ulos  dituliskan nama "H. M. Jusuf Kalla" dan "Mufida Kalla".

Bela Nakes yang Dipecat, DPRD Manggarai: Mereka Tak Berlebihan Minta Naik Gaji dari Rp600 Ribu
Warga berjalan menggunakan payung saat hujan di Jakarta. (Foto ilustrasi).

Waspada Hujan Petir Diprediksi Bakal Guyur Jakarta Siang Nanti

Menurut laporan BMKG, untuk cuaca Jakarta saat pagi hari ini akan berawan.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024